Saya Terkena Hernia, Bagaimana Dok?

Saya adalah seorang yang baru saja menderita hernia. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan:

  1. Mengapa ketika saya berbaring, benjolan di kantung buah zakar bisa hilang??
  2. Kalau saya operasi, berapa lama penyembuhan sampai saya dapat beraktifitas normal.

NB: saya biasanya 1 minggu sekali bermain futsal dan kadang-kadang ke fitness.

Jawaban Dokter :

Terima kasih untuk konsultasinya,


Hernia merupakan akibat dari kelainan anatomi yang lebih sering terjadi pada pria. Pada lipat paha ada suatu saluran tempat turunnya testis dari rongga perut ke kantung buah zakar. Normalnya, pada usia bayi, saluran tersebut akan menutup. Bila tidak menutup maka akan menimbulkan keluhan hernia, di mana isi rongga perut dapat turun ke saluran tersebut atau sampai ke kantung buah zakar, bila terjadi peningkatan tekanan di dalam rongga perut. Contoh kegiatan yang dapat meningkatkan tekanan di dalam rongga perut adalah : mengedan, batuk, mengangkat barang-barang berat.


Dengan posisi berbaring atau tungkai lebih tinggi dari kepala, benjolan tersebut dapat masuk kembali dengan sendirinya. Dalam keadaaan di mana benjolan tersebut terjepit dalam salurannya, maka benjolan tersebut tidak dapat masuk dengan sendirinya. Operasi hernia dilakukan untuk menutup saluran tersebut.


Penyembuhan luka tersebut membutuhkan waktu 1 minggu. Namun agar dapat beraktifitas berat kembali, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan. Dalam kurun waktu ini diharapkan jaringan penutup saluran hernia tersebut sudah menyatu dengan baik


Semoga membantu


Artikel Terkait


Benjolan di Selangkangan Apakah Penyakit Hernia

Lucky Aninditha, dr.

Obat hernia

Lucky Aninditha, dr.

Buah zakar besar sebelah

Lucky Aninditha, dr.