Sakit pada perut bagian kiri bawah

Saya ingin bertanya,
saya sering mengalami sakit di perut bagian kiri bawah, sebenarnya bukan sakit sih, tp seperti tidak enak, seperti ada angin, jika tidur lebih cenderung menghadap ke kanan, dari pada ke kiri karena lebih nyaman.
hal ini sudah berlangsung cukup lama, namun akhir2 ini rasa gak enak itu udah mulai naik ke perut atas, seperti sakit maag gitu..terkadang sampai pegel di punggung, saya sakit apa ya >> terima kasih

Jawaban Dokter :

Dear,

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda.
Rasa tidak enak atau nyeri di daerah perut dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Nyeri juga dapat berasal dari penjalaran dari lokasi lainnya tidak hanya dari tempat keluhan tersebut.

Pertama-tama saya harus mengetahui dulu jenis kelamin anda, karena berbeda kemungkinannya antara pria dan wanita.
Pada pria dilokasi tersebut hanya berisi usus, agak kebagian atas baru terdapat ginjal yg letaknya sedikit ke belakang. Sedangkan pada wanita nyeri pada bagian tersebut dapat disebabkan juga dari organ alat kelamin. (Kantung telur, saluran telur dan rahim).
Apabila dilihat dari keluhan anda ada rasa seperti terdapat angin yang terkadang bisa terasa seperti naik ke perut bagian atas dan kadang terasa pegal dipunggung, kemungkinan banyak penyebab yg bisa menimbulkan keluhan tersebut.
Untuk keluhan terdapat rasa angin yg menjalar ke atas bisa disebabkan oleh penjalaran dari saluran pencernaan dan yg paling sering disebabkan oleh gangguan maag (atau disebut dari bahasa medis gastritis).
Tetapi untuk keluhan di punggung bisa disebabkan oleh gangguan saluran kemih, seperti infeksi saluran kemih, batu disaluran kemih dll.

Untuk lebih jelasnya saya harus mengetahui penjelasan anda lebih lanjut. Diantaranya:
- jenis kelamin anda (pria atau wanita)
- adakah riwayat sakit maag
- adakah keluhan gangguan dalam buang air kecil, seperti rasa sakit saat BAK.

Ada baiknya bila keluhan anda terasa mengganggu diperiksakan ke dokter umum, atau dr spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih lanjut. (Seperti pemeriksaan untuk saluran cerna (usg perut bahkan bila perlu dilakukan pemeriksaan endoscopy) dan bila dilihat lebih lanjut merupakan gangguan dari saluran kemih dapat dilakukan pemeriksaan seperti (urin lengkap dan bila perlu usg perut)

Semoga dapat membantu.

Artikel Terkait


Sakit di antara perut dan dada

Andreas Erick Haurissa, dr.

Nyeri di perut setelah cystitis.

Leonita Hartanti, dr.

Nyeri perut sebelah kiri tidak membaik setelah berobat.

Leonita Hartanti, dr.