Sakit kepala belakang kanan gejala tumor otak?

Siang dok, saya wanita usia 18 tahun, akhir-akhir ini kepala bagian belakang sebelah kanan sering nyeri tapi nyeri ny hilang-timbul. sya membaca artikel bhwa itu gejala tumor otak. apakah hal itu benar dok?

 

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sakit kepala adalah gejala yang mempunyai diagnosis banding bermacam-macam, tidak harus seberat tumor otak. Penyebabnya perlu dibedakan antara extracranial (di luar tengkorak) atau intracranial (di dalam tengkorak).

Penyebab extracranial dengan sakit kepala di bagian belakang umumnya adalah karena peningkatan tekanan darah. Tetapi bisa juga disebabkan karena ketidaknormalan hormon, emosional, atau bahkan cuaca yang sangat panas. Hal ini biasa dapat berkurang dengan rajin berolahraga.

Penyebab intracranial dari sakit kepala disebabkan bertambahnya volume dari isi tulang tengkorak. Bisa karena penambahan volume otak, darah, atau cairan serebrospinal.

Mulailah dari memeriksakan kesehatan anda ke dokter umum untuk diperiksa tekanan darahnya, jika sakit kepala berlanjut, dapat dikonsultasikan ke dokter syaraf untuk dilakukan pemeriksaan penunjang seperti CT scan.

Semoga membantu.
Terimakasih.

Artikel Terkait


Cluster headache tidak kunjung sembuh.

Leonita Hartanti, dr.

Nyeri kepala setiap kecapaian.

Leonita Hartanti, dr.

Sakit kepala terasa berat dan mata seperti ditusuk-tusuk

Leonita Hartanti, dr.

Ketika Pacaran Tak Lagi Sehat

Andreas Erick Haurissa, dr.