Perut sakit setelah makan dan minum

Dok,saya mau tanya..Sehabis makan saya kadang sakit perut bagian kiri bawah dan sesak..Lalu saya minum tambah sakit,sampai saya kurang kuat untuk berdiri dan berjalan..berkurangnya sakit kalo saya diam untuk beberapa saat..Apakah itu pengaruh dari makanan yang saya kunyah kurang lama sehingga saluran pencernaan saya perlu extra untuk mencernanya??..terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Keluhan anda mungkin disebabkan oleh peradangan pada lambung (kantung nasi) atau pada usus anda, dimana asam lambung dan enzim pencernaan mengiritasi dinding pertahanan lambung atau usus. Hal demikian dapat disebabkan oleh stress fisik maupun pikiran, infeksi bakteri, pemakaian obat-obatan anti nyeri dalam waktu yang lama, usia lanjut, perokok, serta peminum alkohol.

Gejala yang biasa ditimbulkan yaitu nyeri pada uluhati 90 menit - 3 jam setelah makan, namun mereda apabila minum obat maag atau makan makanan, mual, perasaan asam pada mulut, berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, dan nyeri tekan pada daerah ulu hati.

Solusi untuk anda adalah menghindari faktor penyebab, mengurangi stress, dan makan makanan yang tidak merangsang lambung seperti asam dan pedas. Anda perlu datang ke dokter umum atau dokter penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi apabila diperlukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

Artikel Terkait


3 hari sulit BAB dan berasa perut buncit

TanyaDok.com

Nyeri pada perut bagian bawah pusar

TanyaDok.com

Nyeri pada daerah dada saat menelan

TanyaDok.com

Penyebab sering mengalami gejala sesak dan nyeri dada

Leonita Hartanti, dr.