Penyakit Jantung OMI

Dok apa ciri-ciri penyakit jantung OMI,,,
Untuk penderitanya bagaimana langkah selanjutnya..
saya mohon penjelasanya,,
terimakasih

Jawaban Dokter :

Terimakasih atas pertanyaannya

OMI adalah singkatan Old Myocard Infark yang artinya terdapat kerusakan otot jantung akibat serangan jantung yang telah terjadi pada waktu lampau.
Gambaran OMI ini dapat dilihat pada rekam jantung (EKG). gejala dari OMI sangat tergantung pada lokasi dan luas dari otot jantung yang rusak saat terjadi serangan jantung pada masa lalu. Umumnya kerusakan otot jantung dapat mengakibatkan gangguan aliran listrik jantung sehingga pompa jantung menjadi kurang baik. Pompa jantung yang kurang baik ini dapat menimbulkan gejala gagal jantung seperti bengkak pada kaki, sesak jika beraktivitas, sesak jika berbaring terlentang dan jumlah kencing yang sangat banyak saat malam hari.

Otot jantung yang rusak tidak dapat pulih kembali. Saat ini sudah ada teknik stem cell untuk memperbaiki otot jantung yang rusak, namun masih mahal biayanya. Untuk penanganannya kita perlu memeriksa terlebih dahulu faktor-faktor resiko yang menyebabkan serangan jantung seperti diabetes, profil lemak tubuh yang kurang baik, kegemukan, darah tinggi.

Jika faktor-faktor resiko ini telah ditemukan maka obat-obat ditujukan untuk mengurangi / memperbaiki faktor resiko yang ada serta memperbaiki fungsi jantung dengan tujuan mencegah terjadi serangan jantung berikutnya karena setiap kali terjadi serangan jantung maka akan semakin banyak otot jantung yang rusak.

Semoga membantu

Artikel Terkait


Jantung tidak optimal

Leonita Hartanti, dr.

Jantung berdebar karena konsumsi kopi

Leonita Hartanti, dr.

Pengobatan Penyumbatan Pembuluh Darah di Kaki

Leonita Hartanti, dr.