Payudara Kiri Terkadang Terasa Nyeri

Dokter, pada payudara kiri saya kadang-kadang terasa nyeri sekali. Rasa ini berbeda dengan nyeri saat akan haid. Akhir-akhir ini malah lebih sering terasa (jarak sakitnya makin pendek).Kalau saya raba tidak ada benjolan.Warna kulit dan puting normal, tidak ada luka. Mohon penjelasan, kira-kira apa penyebabnya dan apabila ke dokter,saya harus ke dokter apa dan rumah sakit mana (saya tinggal di S)? Bila dokter punya referensi dan berkenan, mohon informasikan ke kami. Sebagai informasi, usia saya 39 th, menikah, belum punya keturunan. Atas penjelasannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Jawaban Dokter :

Terima kasih untuk konsultasinya

Secara garis besar ada 2 penyebab nyeri pada payudara yaitu, yang berhubungan dengan siklus haid dan yang tidak berhubungan dengan nyeri haid.

Sebagian besar nyeri pada payudara berhubungan dengan siklus haid. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan pembesaran kelenjar payudara dan tertariknya air di jaringan payudara. Nyeri ini normal dan hilang di luar siklus haid.

Nyeri yang dirasakan di luar siklus haid, dapat berhubungan dengan penggunaan pil KB, terapi hormon, kenaikan berat badan, tumor ( namun sebagian besar kanker payudara tidak memberikan keluhan nyeri, yang biasa memberikan keluhan ini adalah jenis inflamatory breast cancer - di mana tumor mengalami peradangan), stress, riwayat trauma, dan radang tulang rawan iga. Nyeri tipe ini biasanya dirasakan oleh wanita usia 40-50 tahun.

Saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan mamografi, atau USG untuk menyingkirkan kemunkinan kelainan fisik dari keluhan tersebut.Bila memang tidak ada kelainan fisik, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dr spesialis kebidanan untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Semoga membantu

Artikel Terkait


Nyeri haid

dr. Agnes Susanto

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Hygiena Kumala Suci, dr.

Menstruasi adalah hal lumrah yang terjadi pada wanita. Tapi kalau nyeri timbul saat menstruasi bagaimana ? Normalkah ???

Wajib Baca Untuk Anda yang Sering Nyeri Otot

Claudia Anggi, dr