nyeri ulu hati

Selama kurang dari 3 bulan terakhir ini saya mengalami gejala sebagai berikut :

1 Sering kembung, kadang gak kembung namun perut terasa penuh
2 dada merasa sakit
3 badan lemes
4 Sering kesemutan
5 Sesak napas, jantung berdetak sangat kencang klo lg sesak nafas
6 tenggorokan panas
7 uluh hati perih sampe ke atas dada
8 Sulit tidur
9 Merasa takut untuk tidur

Mohon Informasinya, Terima kasih !

Jawaban Dokter :

Terimamkasih atas pertanyaannya

Sepertinya dari gejala yang dikemukakan , kemungkinan gejala tersebut mengarah pada GERD (Gastro Esofageal Reflux Disease). Awalnya disebabkan oleh sakit maag kronis sehingga asam lambung yang berlebih ini merusak katup atas lambung sehingga asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. Ini menyebabkan rasa terbakar di dada dan rasa sesak. Kejadian ini semakin berat terutama sehabis makan dalam jumlah besar dan langsung berbaring. Maka makanan yang telah bercampur dengan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan. keluhan ini dapat menyebabkan sulit tidur karena saat malam hari memang asam lambung diproduksi lebih banyak.

Penanganannya memerlukan pengobatan terhadap sakit maag nya dan perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan di antaranya adalah dengan menerapkan pola makan teratur di mana lambung harus diisi tiap 4 jam. Makanlah dalam porsi kecil namun lebih sering (5-6x) . Hindari makanan asam, pedas, berminyak, kurangi stress. dan sehabis makan jangan langsung berbaring, sekitar 2 jam baru berbaring.

Jika memiliki faktor resiko seperti usia > 40 tahun, merokok, alkohol, darah tinggi, kencing manis, maka sebaiknya ditambahkan pemeriksaan rekam jantung untuk menyingkirkan kemungkinan serangan jantung sisi bawah yang dapat memiliki gejala seperti sakit maag.

Semoga informasi ini membantu

Artikel Terkait


Sakit maag dan kurang nafsu makan

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc

Rasa asam di mulut dan sakit berulang, apakah itu GERD ?

Gunterus Evans, dr.

Saya didiagnosis GERD, apa itu ?

Gunterus Evans, dr.