Nyeri Setelah Kuret

malam dok,saya wanita berusia 25 thn,pada tgl 26-10-2011 saya keguguran usia kandungan 1bln dan tgl 28-12-2011saya telat lagi dok…tgl 30-03-2012 saya mengalami pendarahan lagi,setelah di USG ternyata kata dokter janin saya tidak berkembang dan detak jantungnya tidak ada dan kata dokter kandungan saya tidak bisa di pertahankan dokter menyarankan saya untuk kuret..sekarang setelah 1 minggu setelah kuret bagian perut bawah saya kadang2 terasa nyeri…apa yg harus saya lakukan dok????dan kpn saya bisa memiliki anak lagi..apa penyebab hingga saya mengalami 2 kali keguguran…apa saya bisa memiliki anak dok?

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaannya.

Setelah pasca kuret memang bisa terdapat nyeri, namun tentunya ini harus dibarengi dengan adanya pemeriksaan kontrol dengan dokter kandungan ibu. Karena bila nyeri ini dibarengi dengan keluhan lain seperti demam, perdarahan, maka bisa menjadi sesuatu yang serius.

Pasca kuret tentu ibu masih bisa memiliki anak, apalagi ibu masih berusia 25 tahun. Namun tentunya ibu dan suami sebaiknya melakukan planning atau perencanaan hamil. Pasca kuret disarankan untuk hamil minimal 6 bulan setelah kuret agar kandungan telah optimal. Oleh karena itu, untuk memghindari kehamilan ditengah periode ini, disarankan untuk melakukan perencanaan kehamilan, misalnya dengan kontrasepsi.

Semoga membantu

Artikel Terkait


Tidak haid setelah keguguran

Lucky Aninditha, dr.

Keguguran, haruskah kuret?

Leonita Hartanti, dr.

Hamil setelah keguguran

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Sakit pinggang setelah kuret

Hendra, dr.