Nyeri kepala belakang, kenapa ya dok?

Dok, tadi pagi, kepala kanan bagian belakang saya terasa cenut-cenut. Tidak begitu hebat, namun menimbulkan rasa tidak nyaman. Leher bagian belakangan juga terasa kaku.
Saya sering tertidur di sebelah laptop. Apakah hal tersebut ada pengaruhnya?
Kemudian, saya ingat-ingat adanya kemungkinan terjadi akibat salah makan karena kemarin saya beli cemilan snack yang ber-MSG. Saya jadi khawatir kalau kandungan MSG-nya terlalu banyak.
Bagaimana menurut dokter?
Saya tunggu balasannya.
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Mengenai nyeri kepala anda, sulit untuk dijawab dari sini. Bila anda sering tertidur di sebelah laptop dengan posisi anda duduk dan kepala di atas meja mengarah ke satu posisi, bisa saja hal itu menyebabkan anda pegal-pegal di sekitar leher.

Mengenai makanan yang mengandung MSG, memang di dunia kedokteran ada sindrom yang dikenal dengan nama Chinese Restaurant Syndrome: sebuah rangkaian gejala-gejala yang terjadi pada orang dengan sensitivitas MSG setelah konsumsi MSG dalam jumlah banyak. Gejala-gejala yang dapat terjadi misalnya nyeri kepala berdenyut, nyeri dada, berdebar-debar, kesemutan di leher ataupun punggung, sensasi kaku di muka, keringatan, leher terasa tebal, dst. Oleh karena itulah, biasanya pasien akan datang ke dokter dengan keluhan yang menyerupai sakit jantung. Walaupun dinamakan Chinese Restaurant Syndrome, tidak berarti hanya karena makanan Cina saja. Makanan-makanan yang mengandung kadar MSG tinggi dapat menyebabkan gejala ini bila memang didapatkan sensitivitas pada orang tersebut. Biasanya keluhan muncul dalam waktu 2 jam setelah konsumsi MSG.

Biasanya tidak ada masalah yang berarti pada sindrom ini. Pasien biasanya tidak memerlukan obat apa-apa. Tetapi bila gejala sangat spesifik dan berat (misalnya kesulitan bernapas ataupun nyeri dada yang sangat), maka sebaiknya pergi ke dokter atau UGD untuk mendapatkan penanganan.

Semoga informasi ini membantu anda. Salam sehat!

Artikel Terkait


Sakit Kepala Sebelah

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc

Ada Benjolan di Kepala

Albert Lesmana, dr.

Kepala Terasa Berat, Kenapa Ya Dok?

Nelson Sudiyono, dr.

Sakit Kepala dan Benjolan Setelah Cedera Kepala

Aisa Tios,dr.