Nyeri dan keluar darah dari vagina di luar siklus haid

Hai dokter. Saya laki-laki, sudah nikah, umur saya 29th. Saya mau tanya soal kesehatan vagina istri saya. Kemarin dia sempat ngeluh karena keputihan, jadi kami periksa ke spesialis dan diberi obat termasuk provagin untuk istri saya sebanyak 6 buah. Sesuai anjuran dokter kami tidak “berhubungan” selama pengobatan tapi setelah itu kami berhubungan lagi. Tapi setelah itu istri saya merasa nyeri lagi di bibir vaginanya, dan herannya ada darah yang keluar dari vaginanya walaupun dia tidak sedang haid. Mohon sarannya dokter. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
untuk memastikan infeksi apa yang menyerang vagina dan serviks wanita, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pap smear saja. pap smear tidak hanya untuk memastikan kanker tapi juga untuk memastikan penyebab infeksi genitalia.
munculnya darah setelah hubungan seksual bisa juga akibat perlukaan dinding vagina akibat gesekan penis. hal ini bisa terjadi bila kurang lubrikasi saat pemanasan sebelum hubungan seksual.
untuk informasi mengenai pap smear dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2007/06/deteksi-dini-kanker-serviks-dengan-pap-smear-dan-kolposkopi
semoga membantu

Artikel Terkait


Nyeri haid

dr. Agnes Susanto

Nyeri Haid, Bagaimana Cara Menanggulanginya?

Hygiena Kumala Suci, dr.

Menstruasi adalah hal lumrah yang terjadi pada wanita. Tapi kalau nyeri timbul saat menstruasi bagaimana ? Normalkah ???

Wajib Baca Untuk Anda yang Sering Nyeri Otot

Claudia Anggi, dr