Nyeri dada, sesak napas, deg-degan, apakah gejala sakit jantung?

Selamat malam dok,
Saya mau tanya beberapa pertanyaan. Saya wanita, berusia 29 thn, TB/BB 156/41, lingkungan pekerjaan beresiko sbg perokok pasif di ruang AC. Saya sering sesak napas (tidak berbunyi) & sering mengeluarkan dahak tapi tidak ada batuk/pilek sama sekali.

Di bulan Januari 2010 saya 2 kali mengalami sesak napas yang disertai jantung berdebar kencang. Yang pertama tgl 21 Jan 2010, sore hari saat pulang bekerja, di dalam angkot tiba-tiba saya merasa dada terasa panas sekali & nyeri, sakit untuk bernapas, jantung deg-degan, terasa sakit spt tertimpa barang berat (selama beberapa menit), tangan & kaki terasa dingin, keluar keringat dingin, terus deg-degannya hilang.

5 hari kemudian (tgl 26 Jan 2010) kira2 jam 14.30, waktu sdg bekerja tiba-tiba saya merasa leher bagian belakang terasa kaku, pegal, sakit,& seperti menjalar naik ke kepala shg saya merasa pusing, & lagi-lagi saya merasa sesak napas hebat, dada nyeri dan deg-degan, tangan & kaki mendadak kedinginan. Rasa dingin pada tangan & kaki lebih lama dibandingkan yang pertama.

Saya mulai khawatir, apakah ini termasuk serangan jantung? Apakah saya perlu memeriksakan jantung, kolesterol, tekanan darah? Tapi saya diam saja, sambil memperhatikan keadaan berikutnya.

Sampai dengan Des 2010 saya kadang2 masih merasa jantung berdebar-debar, terutama setelah makan kenyang, dan 1 minggu ini timbul lekukan horizontal pada kuku-kuku ibu jari dan telunjuk tangan saya (kanan & kiri). Di malam hari setelah berbaring beberapa menit sebelum tidur saya sering batuk2.

Menurut Bpk/Ibu dokter, apa yang harus saya lakukan? Apakah gejala-gejala ini bisa hilang dengan sendirinya atau ada hal-hal yang perlu diperhatikan? Apakah ada gejala gangguan jantung? Apa saya perlu periksa ke dr. jantung?

Terima kasih atas perhatian dokter. Maaf panjang, krn saya sedang bingung & takut dok.
Salam.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
melihat gejala yang anda sebutkan dan adanya faktor resiko yaitu asap rokok, maka memang ada kemungkinan gangguan pada jantung tapi ini belum menyingkirkan adanya gangguan pada paru. karena itu saya menyarankan anda untuk berkonsultasi pada dokter spesialis jantung dan paru (Sp.JP) supaya cepat terdeteksi adanya gangguan pada paru atau jantung anda.
semoga membantu

Artikel Terkait


Sakit di Tungkai dan Dada Terasa Tertekan

Leonita Hartanti, dr.

Nyeri dada kiri

Andreas Erick Haurissa, dr.

Nyeri Leher

Albert Lesmana, dr.