Nyeri dada kanan, berbahayakah?

Hampir setahun ini sering merasa sakit dada, nyeri di dada sebelah kanan dan akhir2 ini sering terasa, kira2 kenapa ya?

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Ketika dada terasa nyeri, banyak orang langsung berpikir tentang
serangan jantung. Keluhan ini memang kerap menandai gejala sakit
jantung. Tidak semua nyeri dada berasal dari adanya gangguan pada organ jantung. Nyeri dada karena kelainan jantung diakibatkan ketidakseimbangan antara kebutuhan dan pasokan oksigen ke otot jantung.

Sensasi nyeri dada akibat penyakit jantung koroner bisa bermacam-macam. Biasanya berupa rasa tertindih beban berat, rasa dicengkeram, mual atau enek, rasa panas terbakar, atau rasa tercekik di leher.

Keluhan tersebut biasanya akan hilang setelah penderita beristirahat. Namun, bila penyakit pembuluh darah tersebut dibiarkan berkembang, keluhan juga akan muncul di waktu istirahat.

Nyeri dada juga berhubungan erat dengan penyakit paru dan saluran
pernapasan. Contohnya, TB paru (tuberkulosis), bronkitis, pneumonia, asma bronkial, jamur paru, PPOK (penyakit paru obstruksi kronik), penyakit paru kerja, dan kanker paru. Nyeri dada, batuk, dan sesak napas merupakan keluhan utama penderita penyakit pernapasan kronik dan kanker paru ini.

Jerawat, bisul dan luka memar di dada juga bisa menimbulkan nyeri dada.

Rangsangan atau tekanan di pleura parietal (selaput rongga dada juga menimbulkan nyeri dada. Iritasi pada bronkus akibat mengisap asap, debu, dan zat kimia juga sering menimbulkan keluhan nyeri dada seperti terbakar.

Rokok memberi sumbangan yang amat besar untuk terjadinya penyakit
pernapasan kronik serta kanker paru. Telah diketahui bahwa di dalam asap rokok terdapat 63 komponen yang bersifat karsinogenik atau zat penyebab penyakit kanker.

Nyeri dada ternyata juga merupakan gejala khas adanya peningkatan asam lambung dan berbagai asam lambung itu ke tonggorokan. Penderita nyeri dada akibat ini sebenarnya cukup banyak. Namun, banyak orang lebih cenderung berpikir tentang gangguan jantung dan paru, bila mengalami nyeri dada.

Ada baiknya anda melakukan pemeriksaan penunjang seperti EKG segera pada saat keluhan nyeri dirasakan untuk mengetahui kondisi jantung anda.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


Anemia hemolitik bikin dada terasa berat?

Lucky Aninditha, dr.

Benjolan hitam di dada

Lucky Aninditha, dr.

Sakit di antara perut dan dada

Andreas Erick Haurissa, dr.

Nyeri perut kanan bawah, apakah ada hubungannya dengan penyakit kewanitaan?

Renie Indriani, dr.