Mengenai obat tetes telinga

beberapa hari yang lalu telinga saya sakit, saya sudah periksa ke dokter THT terdekat. Kata dokter, saya terkena radang telinga akibat terlalu sering memakai cotton bud, dan head set hand phone. Tapi oleh dokter tsb saya tidak diberikan obat, hanya ada semacam kassa obatyang dimasukkan ke telinga yang sakit. Dan dua hari kemudian kassa tersebut bis adiambil. Tapi setelah dua hari, saya masih merasa sakit pada telinga. Apakah ada obat tetes telinga yang bisa saya gunakan, dok? Bagaimana dengan dosis dan cara penggunaannya? Apakah perlu mengkonsumsi antibiotik?

Terimakasih atas tanggapannya.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
terima kasih atas pertanyaannya, tentu saya tidak bisa menilai keadaan liang telinga anda sehingga saya tidak tahu apakah masih ada infeksi atau tidak. tapi bila telinga tetap terasa nyeri dan penuh, mungkin memang masih ada infeksi sehingga antibiotik memang diperlukan, tetapi bila bukan karena infeksi, maka sebaiknya dicari penyebanya baru diobati.
memang ada obat tetes telinga yang bisa dipakai sebagai obat radang telinga seperti otolin atau otopain yang diteteskan 2-4 tetes ke telinga yang sakit (saat diteteskan, tahan kepala dalam posisi yang sama kira-kira 5 menit baru teteskan di telinga satunya dengan cara yang sama) 3 kali sehari, tapi akan lebih baik bila anda memeriksakan lagi ke dokter THT untuk pengobatan tersebut.
semoga berguna

Artikel Terkait


Obat kutil kelamin

Aryo Pradito, dr.

Botol Pil Untuk Tunanetra

Andreas Erick Haurissa, dr.

Jangan Sembarangan Minum Obat Saat Hamil

Yohanes Ricky Permadi, dr.

Penyebab Hidung Tersumbat Setiap Bangun Tidur

Dewata Aprilia Marilyn, dr.