Mengapa darah saat haid sedikit yang keluar?

Siklus haid saya normal tetapi darah yang keluar selalu sedikit dan yang paling parah 4 bulan terakhir ini, bahkan bulan ini saya hanya menstruasi 2 hari dan hanya menggunakan pantyliners. Akhirnya beberapa waktu lalu saya berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan, dikatakan ternyata pertumbuhan sel telur saya tidak normal, katanya sel telur saya sangat kecil sehingga sulit untuk ovulasi. Pertanyaan saya, apakah dokter bisa menjelaskan sebab mengapa sel telur saya tidak berkembang dengan baik? apa berhubungan dengan makanan dan tingkat stress dan apakah berpengaruh pada kesuburan saya? terima kasih dok.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sel telur tidak berkembang bisa disebabkan karena faktor keturunan, kelainan pada organ reproduksi, atau penyakit (seperti kencing manis). Selain itu, bahan kimia dari makanan, minuman, obat-obatan, dan stres juga dapat mempengaruhi, walaupun tidak terlalu besar pengaruhnya.

Gangguan perkembangan sel telur ini dapat mempengaruhi kesuburan. Untuk itu sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter ahli kandungan anda agar dapat dicari penyebab serta solusinya.

Semoga membantu.

Artikel Terkait


Haid pada ibu menyusui

Maria Kaha, dr

Nyeri haid

dr. Agnes Susanto

Keputihan dan telat haid

Maria Kaha, dr

Apakah penyebab Blighted Ovum

Sherly Oliviantin, dr.