Mau Tahu Hamil, Kapan Cek USG?

Dokter,

Usia saya 30thn, saya telah punya 1 anak umur 3 tahun. Sebelum punya anak pertaman, saya keguguran, baru sekitar 6-7 minggu. Lalu dua bulan kemudian hamil anak pertama saya. Pas umur anak saya 1 tahun lebih, saya hamil lg, tetapi keguguran lagi sekitar 10-11 minggu. Kedua keguguran ini tdk dikuret, hanya menggunakan obat peluruh dan telah dinyatakan bersih oleh dokter.

Saat ini, saya telat haid 2 minggu lebih. Haid terakhir saya tanggal 16 April 2012. Saya telah tes pack minggu lalu dan pagi ini, keduanya positif (tetapi salah satu garis tipiis). Karena riwayat keguguran saya, saya jadi ragu dokter. Kapankan waktu yang tepat untuk cek ke dokter, yang bisa dilihat dengan USG (karena saya tak mau trans-V) bahwa saya benar2 positif hamil (tidak sekedar hamil kosong)?

Maaf banyak pertanyaan dokter, terima kasih banyak dokter.

Jawaban Dokter :

Hallo sobat, terimakasih untuk pertanyaannya.

Untuk memastikan hasil tes kehamilan (testpack) perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter dan melakukan USG.Adapun waktu yang tepat untuk melakukan USG yaitu pada usia 6 minggu kehamilan (dihitung sejak Hari Pertama Haid Terakhir-HPHT) karena pada usia tersebut jantung sudah terbentuk sehingga dapat didengar denyutnya. Pemeriksaan pada usia 6 minggu dapat dideteksi dengan USG abdomen (melalui perut) sehingga Ibu tidak perlu melakukan USG trans-V.
Kami sarankan sambil menunggu pemeriksaan dengan USG, sebaiknya Ibu menjaga kondisi fisik agar tidak lelah supaya mencegah terjadinya keguguran kembali.
Terimakasih banyak dan semoga membantu.

Artikel Terkait


Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.

Apakah Suntik Tentanus Berbahaya Untuk Janin dan Kehamilan

Lucky Aninditha, dr.

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Hasil USG mammae

Leonita Hartanti, dr.