Masihkah bisa hamil di usia ke 50 tahun ?

Dok. saya seorang ibu usia 49 tahun dan suami 37 tahun … sudah punya anak 1 perempuan usia 18 tahun dari suami yg dahulu.. saat ini saya dan suami berencana ingin mempunyai anak lagi.. kira 2 masih bisa tidak ya dok, mengingat usia saya yang sudah segitu.. jika masih bisa.. langkah apa yang harus kami lakukan supaya saya dan janin sehat dan selamat.. terimakasih..

Jawaban Dokter :

Salam sehat,


Sebelumnya ibu perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi kesuburan manusia secara umum baik wanita dan laki-laki, yaitu usia, asupan gizi,hidup, gaya perilaku seksual, keadaan hormon, emosi, lingkungan, konsumsi obat-obatan tertentu dan waktu. Sehingga pada usia ibu yang hampir mencapai usia 50 tahun, tentu kemungkinan untuk hamil kembali lebih kecil dibandingkan saat usia ibu masih 25 - 35 tahun.

Masa subur wanita biasa pada pertengahan dari siklus haid, misal siklus haid 28 hari, maka antara hari ke 11 - 17 merupakan masa tersubur bagi wanita tersebut. Selama wanita masih menjalani siklus haid, dapat dikatakan bahwa wanita tersebut masih bisa hamil, namun ibu perlu ketahui bahwa sebagian besar wanita akan memasuki masa menopause (berhenti haid) pada usia 50 - 60 tahun.

Jadi, anda dapat mencoba mencari waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual, dimana anda dalam keadaan subur, dan juga mengatur asupan gizi seimbang dan aktifitas fisik seimbang untuk anda dan suami anda. Anda juga sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan apabila ingin merencanakan kehamilan, untuk mendapatkan penanganan yang tepat seperti pemberian vitamin peningkat kesuburan. Semoga bermanfaat.

Salam

Artikel Terkait


Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.

Apakah Suntik Tentanus Berbahaya Untuk Janin dan Kehamilan

Lucky Aninditha, dr.

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Meningkatkan kesuburan

Dewata Aprilia Marilyn, dr.