Masa subur wanita dan Flek Kecoklatan

Dokter saya baru menikah selama 2 bulan, saya mendapatkan haid tanggal 22 februari sampai 28 februari. Pada tanggal 1,4,& 5 maret keluar flek berwarna kecoklatan & ini baru pertama kali terjadi dan yang ingin saya tanyakan berbahayakah  flek yang berwarna kecoklatan itu & kapan masa subur setelah masa haid. dan perlu dokter ketahui siklus masa haid saya 28 hari mohon penjelasan nya. terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Siklus haid wanita biasa berlangsung selama 28 hari, kadang-kadang antara 21 - 30 hari, tentu berbeda pada semua wanita. Haid biasa berlangsung selama 5 hari, kadang 2 - 7 hari. Jumlah darah yang dikeluarkan pun bervariasi antara 10 - 85 cc, berbeda jumlahnya tiap harinya, mungkin pada hari pertama hanya bercak darah.

Masa subur wanita biasa pada pertengahan dari siklus haid, misal siklus haid 28 hari, maka antara hari ke 11 - 17 merupakan masa tersubur bagi wanita tersebut. Sebelumnya snda juga perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi kesuburan manusia secara umum baik wanita dan laki-laki, yaitu usia, asupan gizi,hidup, gaya perilaku seksual, keadaan hormon, emosi, lingkungan, konsumsi obat-obatan tertentu dan waktu.

Apabila keluhan bercak darah dirasakan mengganggu dan disertai keluhan seperti nyeri bagian perut bawah, berbau, disertai cairan keputihan berwarna kuning - kehijauan, perdarahan dari kewanitaan setelah berhubungan seksual, segera periksakan diri anda ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait


Haid pada ibu menyusui

Maria Kaha, dr

Nyeri haid

dr. Agnes Susanto

Keputihan dan telat haid

Maria Kaha, dr

Keputihan dan Rasa Gatal Pada Miss V

Claudia Anggi, dr