;

Kosmetik yang aman untuk mencerahakan kulit

Dok, saya termasuk orang yang peduli dengan kesehatan kulit. Dua bulan terakhir saya jarang merawat kulit wajah sehingga terlihat kusam. Sebelumnya saya pasien di salah satu klinik kecantikan di kota saya. Tapi karena saya tidak bekerja lagi sehingga saya harus stop konsultasi dgn dokter di klinik tsb. Adakah kosmetik yang aman untuk mempertahankan kecerahan kulit wajah? Terima kasih dok.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

kulit kering/kusam yang anda alami bisa karena faktor dari luar atau dalam. Dari luar bisa karena udara yang terlalu kering hingga kelembaban kulit hilang, mandi dengan air panas, air conditioning dalam ruangan terus menerus, sabun yang mengandung detergen. Dari dalam bisa dikarenakan kurang minum air putih, sedang dalam pengobatan yang dapat menyebabkan kulit kering, faktor hormonal. Untuk mengatasinya bila cuci wajah sebaiknya menggunakan air dingin dengan sabun lembut (sesuai jenis kulit), oleskan dengan pelembab atau moisturizer setiap hari terutama dalam ruangan ber AC.

Agar kulit selalu cerah, tidak perlu perawatan mahal, yang penting anda harus selalu rajin membersihkan wajah, memberikan pelembab dan krim malam yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seminggu sekali lakukan face scrub ringan diikuti dengan pemakaian masker sesuai jenis kulit. Selalu rajin berolah raga dan banyak minum air putih dan konsumsi vit C dan E. Bisa juga perbanyak minum jus sayuran atau buah. Selalu gunakan tabir surya minimal SPF 30 bila beraktivitas di siang hari.

Semoga membantu

Artikel Terkait


Cacar Air

Andina Bulan Sari, Sp.KK

Dikerok, Kok Bisa Merah?

Carolina Salim

Kalau masuk angin ya dikerok aja! Anda pasti sering mendengar kalimat ini. Kenapa sih kalau dikerok jadi merah kulitnya? Kenapa kerok itu manjur? bahaya ga sih?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Makanan

Andina Bulan Sari, Sp.KK

Close
Selamat Sobat telah tergabung dalam komunitas TanyaDok. Dapatkan banyak manfaatnya seperti tanya jawab dokter online gratis, informasi kesehatan, dan lainnya. Cek email Sobat dan lakukan aktivasi lakun.