kontrasepsi IUD

Dok,apakah efek samping dari alat kontrasepsi IUD yang dipakai oleh wanita yang berusia 36 tahun? ada survai apabila memakai IUD tidak boleh bekerja berat, jangan terlalu sering berhubungan intim, alasannya karena nanti akan merubah posisi dan kondisi badan si pemakai alat tersebut terutama akan tidak nyaman apabila dipakai oleh pasangannya.terima kasih.

Jawaban Dokter :

Dear Ibu Nia
Terima kasih atas konsultasinya
Ibu Nia, IUD merupakan alat kontrasepsi yang relatif aman dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. beberapa jenis IUD dapat digunakan hingga periode 3-5 tahun. efek samping yang tersering adalah rasa tidak nyaman pada bulan2 pertama penggunaan, dan terkadang jumlah haid akan lebih banyak dari biasanya. terlepas dari itu, tidak ada efek samping yang cukup berarti.
Tidak apa2 untuk berhubungan intim saat menggunakan IUD, hanya saja, mungkin sang pria akan merasakan kurang nyaman saat berhubungan, karena adanya benang iud di mulut rahim, yang mana kadang dapat dirasakan oleh penis pria. Selebihnya, tidak apa2 kok untuk berhubungan intim. Tenang saja, ibu. IUD tidak mengganggu aktivitas sehari2 kok, ibu. hanya saja, bila pada bulan2 awal ibu bekerja terlalu berat lalu sakit, atau tidak enak badan. ditakutkan ibu akan mengira ketidakenak-badan dari ibu tersebut sebagai efek samping IUD, tapi tidak seperti itu keadaannya
Sekarang ada jenis IUD baru, dimana pada IUD tersebut ada obat yang dimasukkan kedalam IUD tersebut. gejala perdarahan berkurang drastis dan kenyamanan lebih baik dari IUD yang biasa. konsultasikan dengan dokter anda bila anda ingin tahu lebih banyak. semoga membantu

salam

Artikel Terkait


Alergi KB spiral

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Kebobolan walau pakai KB?

Lucky Aninditha, dr.

Efek pasang IUD

Leonita Hartanti, dr.

Bahayanya Sectio Caesar

Hygiena Kumala Suci, dr.

Proses persalinan kadang dapat menjadi sesuatu yang menakutkan sehingga para ibu memilih jalan operasi. Tapi apa benar operasi adalah langkah terbaik ?