;

Keringat anak berlebihan

Dok, anak saya 3th sangat aktif,banyak mengeluarkan keringat, gerah sedikit saja, keringatnya keluar banyak sampai basah baju. Kalau tidur malam hari keringatan, dia terbangun, batuk-batuk, lalu muntah. Kenapa ya dok?

Terimakasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Apakah batuk-batuknya sudah lama? Jika batuk sudah lebih dari 3 minggu sebaiknya diperiksakan ke dokter, untuk dilakukan tes Mantoux dan di x-ray dada. Pada anak kecil, seringkali gejala TB tidak khas.

Apakah keringatnya sampai membasahi bantal dan tempat tidur? Jika iya, ada baiknya diperiksakan kadar hormon tiroidnya. Karena sifat anak yang hiperaktif dan hiperhidrosis (banyak keringat) bisa saja karena terjadi peningkatan hormon tiroid.

Di sisi lain, bisa saja keringat tersebut hanyalah merupakan gejala fisiologis belaka. Akan tetapi ada baiknya agar anak anda diperiksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tatalaksana yang sesuai.

Semoga membantu,
Terimakasih.

Artikel Terkait


Batuk di pagi hari

Leonita Hartanti

Perut sakit setelah batuk-batuk

Ida Juita

Demam naik turun

Agnes Susanto

Hiperhidrosis Palmaris/Plantaris?

Aldo Fransiskus Marsetio, BMedSc

Close
Selamat Sobat telah tergabung dalam komunitas TanyaDok. Dapatkan banyak manfaatnya seperti tanya jawab dokter online gratis, informasi kesehatan, dan lainnya. Cek email Sobat dan lakukan aktivasi lakun.