Keputihan yang berwarna merah kecoklatan, kenapa ya?

Salam dok. Umur saya 23 tahun. Saya telah mengalami keputihan dari semenjak umur 19 tahun hingga sekarang. Pada waktu saya berumur 22 tahun keputihan saya sempat berhenti hanya beberapa bulan saja. Setelah itu keputihan saya muncul lagi. Awalnya seperti biasa berlendir bening. Lama-lama keputihan saya berwarna putih dan menggumpal. Sekitar seminggu yang lalu keputihan saya berwarna merah kecoklatan hingga sekarang. Sebenarnya apa penyebabnya ya dokter? Setahu saya ini bukan karena hamil atau gejala setelah haid. Saya tidak sedang hamil. Mohon bantuannya dok. Terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
sebelumnya apakah anda secara seksual aktif? bila iya maka ada kemungkinan bahwa anda tertular dari pasangan anda. bila hanya satu pihak saja yang berobat maka infeksi akan berulang akibat penularan secara ping-pong. selain itu kebiasaan memakai pantyliners > 4jam atau jarang mengganti celana dalam bisa juga menimbulkan keputihan yang berulang.
cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan bila perlu bawalah pasangan anda agar anda bersama dapat diterapi.
semoga membantu

Artikel Terkait


Keputihan dan telat haid

Maria Kaha, dr

Mitos dan Fakta Seputar Miss V dan Makanan

Harry Kuncoro, dr.

Keluar cairan aneh sejak hamil

dr. Agnes Susanto