Kencing berdarah dengan nyeri perut dan pinggang sebelah kanan

Selamat siang Dokter,

Saya wanita berusia 41 thn, beberapa bulan terakhir saya mengalami masalah dengan buang air kecil (berkemih), yaitu kencing sedikit2, dan akhirnya berdarah, dan perut sebelah kanan sampai pinggang belakang terasa sakit (nyeri sampai terasa pegal2). Masalah buang air kecil teratasi (saya rasa hanya sementara tp tidak tuntas) dengan minum Neprolit. Tapi setelah itu kadang timbul lagi walau tidak separah sebelumnya. Dan beberapa hari terakhir dari vagina saya mengeluarkan cairan seperti keputihan dengan sedikt darah, tadinya saya pikir karena jadwal menstruasi, tapi ternyata belum waktunya. Pertanyaan saya, kira2 apa yg terjadi dg saya apakah ada masalah de organ kewanitaan saya, atau ginjal kah? karena nyeri perut kanan dan pinggang tetap saya rasakan, dan kalau saya harus mengunjungi dokter, dokter bagian apa yg tepat untuk keluhan saya.?
Sebelumnya terima kasih Dokter atas perhatian dan sarannya.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
sebaiknya anda mulai dari mengobati keluhan pada ginjal anda karena kemungkinan anda memiliki batu ginjal karena itu infeksi saluran kemih bisa berulang dan akibatnya bisa juga menular ke vagina.
anda bisa berkonsultasi pada dokter spesialis urologi. lalu saat berkonsultasi sekalian saja anda kemukakan keluhan anda di area vagina, bila perlu maka dokter urologi tersebut akan merujuk anda ke dokter spesialis kandungan untuk diobati bersama.
semoga membantu

Artikel Terkait


Darah dalam Urine

Nelson Sudiyono, dr.

Mendadak Kencing Berdarah

Leonita Hartanti, dr.

Tatalaksana pada batu ginjal

Hygiena Kumala Suci, dr.

Kencing Berdarah Selama 6 Bulan

Renie Indriani, dr.