Kencing Berdarah

Selamat pagi, dok. Akhir-akhir ini ibu saya mengalami kencing berdarah padahal tidak biasanya seperti itu dok apa kemungkinan penyebabnya dan bagaimana cara penanganan serta obat apa yang harus di berikan untuk pertolongan pertama pada penderitanya….

wassalam terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Kencing disertai darah dapat menjadi suatu pertanda penyakit serius. Hal ini dapat disebabkan oleh peradangan, trauma, batu, tumor, atau keganasan pada saluran kemih.

Perlu diketahui apakah kencing berdarah tersebut disertai demam, keinginan ingin berkemih mendadak, sering berkemih, nyeri saat berkemih, nyeri pada daerah perut bawah, nyeri pada daerah pinggang menjalar ke arah kelamin, air seni keluar sedikit, perasaan tidak selesai sehabis berkemih, nyeri otot dan tulang, disertai penyakit darah tinggi, serta penurunan berat badan.

Sebaiknya anda segera memeriksakan ibu anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (pemeriksaan air seni, pemeriksaan darah, USG perut), guna mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk pengobatan harus sesuai dengan penyakit yang mendasarinya. Semoga bermanfaat

Salam

Artikel Terkait


Ingin menanyakan hasil pemeriksaan urine.

Leonita Hartanti, dr.

Mendadak Kencing Berdarah

Leonita Hartanti, dr.

Kencing berdarah

Hygiena Kumala Suci, dr.

Kencing Berdarah Selama 6 Bulan

Renie Indriani, dr.