Kenapa anak mual dan muntah terus?

Malam Dok,anak saya perempuan usianya 4 thn tinggi badan 102cm berat 18 kg. Dia anak yang aktif,lincah,juga punya nafsu makan yang baik,sampai sekarang dia masih suka sekali minum susu di botol,sehari bisa 6botol @120ml. Masalahnya akhir akhir ini dia sering mual bahkan kadang sampai muntah,meski yang di muntahkan cuma cairan sedikit (tidak benar benar sampai memuntahkan isi perutnya) jika dia merasa badannya terlalu kedinginan atau kepanasan. Artinya jika dia merasa kedinginan ataupun kegerahan bisa muncul kejadian mual sampai muntah tersebut.
Kira-kira apa yang terjadi pada anak saya ya Dok? dan apa yang harus saya lakukan?

Jawaban Dokter :

Dear parents,
muntah pada anak disebabkan banyak hal, mulai dari masalah dalam saluran cerna itu sendiri atau masalah di luar saluran cerna.
rasa enek juga memiliki banyak faktor.

Apakah si kecil sedang batuk atau pilek? biasanya lendir di leher sering menyebabkan anak merasa enek dan menjadi muntah.
Tapi harus saya pastikan dulu apakah penyebabnya berasal dari saluran cerna atau tidak, biasanya disertai dengan rasa tidak enak di perut, diare atau sembelit, atau gejala lainnya.

Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah pola makan si kecil.
Anak usia 4 tahun, (di atas 1 tahun) sebaiknya tidak mengkonsumsi susu secara berlebihan. pada usia ini cukup diberikan maksimal 2 kali saja.
Hal ini akan mempengaruhi perkembagnan saluran cerna si kecil. Pada umumnya dengan konsumsi susu formula berlebihan, sering didapat masalah sulit BAB.
PAda usia ini, konsumsi makanan padat hrs mendapat perhatian dari kita sebgai orang tua. Anak akan cenderung menolak makanan padat karena mereka lebih memilih susu, dan ini bukan hal yang baik untuk perkembangan saluran cerna mereka.
Adapun sangat sulit bagi kita untuk mengurangi susu tersebut, tapi dapat dilakukan misalnya dengan mengurangi sedikit demi sedikit, mislanya menjadi 5 gelas dalam 2 minggu atau 3 minggu, kemudia dikuangi lagi menjadi 4 dst, tapi tidak langusng drastis dikurangi menjadi 2 gelas sehari, karena nanti akan timbul masalah secara psikologis dari anak.
Selain itu anda dapat gunakan pendekatan psikologis dengan menggunakan reward and punishment

Adapun untuk mengutangi rasa enek atau muntah, anda dapat membuat sirup manis, bukan asam, dengan menggunakan air es/dingin. Mintalah si kecil minum sedikit demi sedikit dengan sedotan, tidak usah terlalu banyak. Penting diperhatikan adalah sirup manis, jangan terlalu kental atau jangan menggunakan teh, karena assam di lambung.

Selamat mencoba

Artikel Terkait


Mual muntah saat hamil tua

Sherly Oliviantin, dr.

Mual muntah saat hamil

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Sering sakit kepala dan mual

dr. Agnes Susanto

Selalu muntah setiap habis makan

Dewata Aprilia Marilyn, dr.