Keluarkan Sperma di Luar Vagina, Bisa Hamilkah?

Dok, waktu tanggal 15 saya berhubungan dengan istri, tapi saya mengeluarkan sperma di luar vagina.
Tetapi tanggal 7 dia mens, apakah dia bisa hamil? Apakah cairan sebelum sperma yang bening itu bisa membuat hamil?

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Perlu saya perjelas, menstruasinya sebelum atau sesudah berhubungan badan? Bila menstruasi terjadi setelah berhubungan badan, maka kemungkinan besar istri anda tidak hamil. Namun demikian, menstruasi tersebut kadang bisa disalahartikan. Wanita yang hamil juga dapat mengalami pengeluaran bercak-bercak kemerahan pada kemaluan. Ini terjadi akibat penempelan sperma dan ovum yang sudah melebur pada dinding rahim. Jadi perlu dibedakan apakah darah yang keluar merupakan menstruasi atau bercak-bercak implantasi ovum ke dinding rahim.

Di sisi lain, bila menstruasi terjadi sebelum berhubungan badan, belum bisa dipastikan apakah istri anda hamil atau tidak. Perlu dilakukan tes kehamilan untuk membantu memberi petunjuk apakah istri anda hamil atau tidak (walaupun bukan merupakan alat diagnosa pasti).

Cairan bening sebelum sperma keluar disebut sebagai cairan pra ejakulasi. Cairan ini sebetulnya tidak menyebabkan kehamilan. Namun cairan ini bisa juga tercampur dengan sperma apabila sebelumnya suami melakukan masturbasi (bekas sperma masih menempel pada saluran kemaluan sehingga tercampur dengan cairan pra ejakulasi berikutnya.

Semoga membantu.

Artikel Terkait


Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.

Apakah Suntik Tentanus Berbahaya Untuk Janin dan Kehamilan

Lucky Aninditha, dr.

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Meningkatkan Kualitas Cinta dan Kasih Sayang Dalam Hubungan

Lucky Aninditha, dr.