Keluar darah coklat saat berhubungan seksual

dok, tanggal 2 Oktober kemarin saya berhubungan dengan suami. tapi suami menggunakan jarinya. tiba- tiba ada darah coklat yang keluar sedikit. seperti darah haid pertama kali. (terakhir berhubungan tnggal 12 september,,siklus haid 3 bulan terakhir saya 6 juli;4 agustus;5 september) bulan ini belum haid. darah yang keluar darah apa ya dok?saya hawatir? terima kasih penjelasannya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Darah yang keluar dari kewanitaan saat hubungan seksual dapat menandakan beberapa hal, bisa memang darah haid, darah akibat luka gesekan, atau memang ada penyakit lain di dalam kewanitaan anda.

Siklus haid wanita normal 28 hari, namun kadang-kadang 21 - 30 hari, haid berlangsung normal 5 hari, kadang-kadang 2 - 7 hari, jumlah darah haid yang dikeluarkan bervariasi perharinya antara 10 - 85 cc. Mari kita evaluasi keluhan ibu, darah yang berwarna coklat dan bukan berwarna merah segar, mungkin adalah darah haid hari pertama, dimana dilihat dari siklus haid anda berkisar antara hari ke 4 - 6 awal bulan, dimana tentu dapat maju beberapa hari.

Apabila keluhan ini terus menetap, ibu disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


Haid pada ibu menyusui

Maria Kaha, dr

Nyeri haid

dr. Agnes Susanto

Keputihan dan telat haid

Maria Kaha, dr

Keputihan dan Rasa Gatal Pada Miss V

Claudia Anggi, dr