KB yang tidak menimbulkan kegemukan

Dok KB apa yg tepat buat saya? Yang tidak menimbulkan kegemukan tetapi juga saya tidak mau spiral karena mengetahui pengalaman orang yang sudah memakai KB spiral sebelumnya dan hati saya tidak yakin.Karena kata orang kalau hati tidak yakin jangan di ikutin. Begitu dok, tolong beri solusinya dok. Terimakasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Memang benar bu, mengambil keputusan yang tepat untuk sebuah keluarga yang terencana bukanlah hal mudah. Zaman sekarang banyak wanita lebih memilih oral kontrasepsi atau lebih dikenal sebagai pil KB. Kenapa begitu? Selain paling efektif, aman dan efek sampingnya relatif rendah, penggunaannya juga praktis.

Namun demikian, ada beberapa teknik KB yang dapat menjadi pilihan antara lain sterilisasi, senggama terputus, sistem kalender, kondom, spiral; namun kelemahan alat ini yaitu bisa menimbulkan rasa nyeri di perut, infeksi panggul, pendarahan di luar masa menstruasi atau darah menstruasi lebih banyak dari biasanya, sekarang ada metode kontrasepsi baru yaitu IUS atau Intra Uterine System yang menggunakan hormon progesteron sebagai ganti logam. Cara kerjanya sama dengan IUD tembaga, ditambah dengan beberapa nilai plus yaitu lebih tidak nyeri dan kemungkinan menimbulkan pendarahan lebih kecil, menstruasi menjadi lebih ringan (volume darah lebih sedikit) dan waktu haid lebih singkat.

Kontrasepsi hormonal dapat merupakan pilihan bisa berupa pil KB yang diminum sesuai petunjuk hitungan hari yang ada pada setiap blisternya, suntikan, susuk yang ditanam untuk periode tertentu, koyo KB atau spiral berhormon, namun efek sampingnya banyak, salah satunya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Seomga bermanfaat

Artikel Terkait


KB yang tepat bagi anda

Renie Indriani, dr.

Alergi KB spiral

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Kebobolan walau pakai KB?

Lucky Aninditha, dr.

Perbedaan antar KB

Andreas Erick Haurissa, dr.