Kaki bengkak

Dokter, ibu saya sudah satu bulan ini kakinya bengkak. Pemeriksaan asam urat sekarang sudah normal. Kira-Kira penyakit apa yang diderita ibu saya dan bagaimana pengobatannya?

Jawaban Dokter :

Yang dimaksud dengan kakinya bengkak itu seperti apa ya? bisa sobat jelaskan lebih lengkap lagi? karena bengkak memiliki banyak penyebab. Misalnya bengkak pada kedua kaki atau pada satu kaki saja? Apakah bengkak itu disertai perasaan yang lain? Seperti nyeri, panas, dan lain-lain... Sebaiknya bengkak dengan kondisi seperti ini diperiksakan ke dokter, karena dialami dalam waktu yang cukup lama.

Saran saya sebaiknya periksakan diri Ibu sobat ke dokter, karena bisa saja penyebabnya dari organ jantung, ginjal, ataupun dari hati. Selain itu bisa juga disebabkan karena adanya gangguan pada pembuluh darah vena di kaki ataupun pembuluh limfe di kaki ibu anda.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Artikel Terkait


Ginjal bengkak

Sherly Oliviantin, dr.

Kerusakan Ginjal Sebabkan Gangguan Jantung

Gianisa Adisaputri, dr.

Mengenal Lebih Jauh Hemodialisa Alias Cuci darah

Hygiena Kumala Suci, dr.

Mungkin anda sudah pernah mendengar tentang hemodialisa atau yang lebih dikenal awam dengan cuci darah. Tapi apa sebenarnya hemodialisa itu? Bagaimana proses hemodialisa sebenarnya? Amankah untuk dilakukan terus menerus? Hemodialisa adalah metode pencucian darah dengan membuang cairan berlebih dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh melalui alat dialysis untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak.

Jantung tidak optimal

Leonita Hartanti, dr.