Ingin Tes DNA Anak

Salam Hormat
Dok saya mau tanya, golongan darah saya “O”, isteri saya “B”. Lalu anak saya Golongan darah nya “B” itu berarti anak kandung saya Dok??
Apakah bisa dari golongan darah bisa mengetahui apakah ini anak kandung saya?
Berapa biaya jika saya ingin Test DNA Dok?

Jawaban Dokter :

Salam sehat untuk sobat TDA! Kalau saya boleh tahu, kasusnya seperti apa ya? Lokasi Anda di mana?

Mengenai pertanyaan Anda tentang kemungkinan golongan darah anak Anda, benar bahwa secara teori sistem golongan darah ABO, apabila orang tua bergolongan darah O dan B, maka kemungkinan anak Anda bergolongan darah B adalah 25% dan O 75%.

Pemeriksaan DNA memang merupakan pemeriksaan yang dianjurkan untuk kasus-kasus ragu ayah/ibu/anak, oleh karena keakuratannya yang hampir mencapai 100%. Namun demikian, pemeriksaan ini tidak bisa berdiri sendiri dengan 1 sampel saja. Misalnya, bila ingin mengetahui apakah benar si A adalah anak saya, maka sampel DNA dari saya, istri saya, dan anak saya harus diambil dan diperiksa (jadi, ada 3 sampel yang diambil). Untuk biaya, sangat bervariasi tergantung dari institusi masing-masing. Untuk melakukan pemeriksaan DNA, diperlukan konsultasi awal terlebih dulu untuk membahas kasus yang sedang dihadapi. Bila ada kemungkinan untuk tuntutan hukum, sebaiknya dilaporkan terlebih dulu kepada polisi untuk diterbitkan surat permintaan pemeriksaan DNA dari kepolisian supaya lebih berkekuatan hukum. Setelah semuanya beres, barulah dilakukan pengambilan sampel. Satu hal yang harus diingat adalah pengambilan sampel dilakukan langsung oleh pemeriksa, tidak bisa sampelnya dikirimkan begitu saja. Hal ini untuk menjaga keaslian sampel. Kira-kira begitu yang bisa saya tambahkan. Terima kasih.

Artikel Terkait


Ketika Dokter Dinyatakan Malpraktik

Valentinus Yudy, dr., Sp.F.

Aspek Hukum Pada HIV/AIDS dan ODHA

Valentinus Yudy, dr., Sp.F.

Identifikasi Forensik: Menyusun Puzzle dari Serangkaian Data

Valentinus Yudy, dr., Sp.F.

Mutasi Pertama Leukemia Terdeteksi Sejak di Dalam Rahim

Andreas Erick Haurissa, dr.