Infeksi Mulut Rahim Tanpa Keluhan?

Dok, tahun lalu saya pernah mengalami keguguran dan 4 bulan kemuduan saya hamil di luar kandungan dan dioperasi bulan November 2011. Dan baru-baru ini saya check-up ke dokter kandungan, lalu di-USG intravaginal, dinyatakan saya infeksi di mulut rahim (memang merah warnaya dilihat di monitor). Yang saya tanyakan apa infeksi di mulut rahim itu bisa terjadi ketika saya tidak mengalami gejalanya seperti keputihan, gatal, dan bau di daerah tersebut, karena setelah operasi KET saya merasa tidak ada keluhan apa apa.

Saya juga tidak merasakan sakit kalau berhubungan dengan suami dok. Dan apakah infeksi mulut rahim itu sama dengan kanker serviks atau menjurus ke situ? Apa saya perlu Pap-smear dok?

Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Baik ibu.

Tetap semangat dalam upayanya untuk mendapat keturunan ya, bu. Jangan menyerah walaupun sudah keguguran dan KET.
Infeksi mulut rahim (servisitis) dapat terjadi meskipun belum ada gejala keputihan dan gatal, awalnya adalah kemerahan pada mulut rahim, dan kemudian dapat diikuti oleh keputihan berbau, banyak dan kental, gatal.

Infeksi mulut rahim dan kanker serviks adalah dua hal yang berbeda, ibu. saran saya: lakukan pemeriksaan inspekulo (pemeriksaan dengan spekulum) oleh dokter kandungan ibu untuk mendapat gambaran mengenai kondisi serviks/leher rahim ibu

Mengenai PAP smear sendiri, dapat dilakukan sebagai upaya skrining kanker leher rahim. Jika ibu sudah pernah melakukannya dan hasilnya baik-baik saja, tidak perlu diulang lagi untuk kurun waktu tertentu. Diskusikan hasil pemeriksaan ibu dengan dokter kandungan ibu untuk informasi yang lebih lengkap

Salam hangat

Artikel Terkait


Mengapa Imunisasi Harus Sesuai Jadwal?

Ariani Dewi Widodo, dr., SpA.

Pertolongan Pertama saat Travelling!

Maria Irene Hendrata, dr.

Sabun Mandi Untuk Miss V? Sebaiknya Tidak!

Harry Kuncoro, dr.

Pencegahan Infeksi HPV untuk Kaum Muda

Bonita Effendi, dr, BMedSci