Hasil TORCH positif setelah keguguran.

Saya wanita usianya 26 thn. Saya sudah hamil 2 bln kemudian janin tidak berkembang dan denyut nadi tidak ada. Alhasil janin harus di keluarkan, dan keluar secara normal. Lalu saya diminta melakukan tes TORCH, hasilnya :
IgG Toxoplasma (-)0,6 IgM (-)0.08
IgG Rubella (+) 33.8 IgM (-) 0.17
IgG CMV (+) 169.9 IgM CMV (-) 0.17
IgG HSV (-) 0.09 IgM HSV (-) 0.13
Dari hasil diatas wajarkah hasilnya?Apakah bisa hamil kembali? Apakah perlu pengobatan atau vaksin? Apakah perlu pengecekan TORCH lagi di kemudian hari? Apakah akan terjangkit lagi pada saat kehamilan berikutnya? Pencegahannya bagaimana? Apakah menular ke pasangan?

Terima kasih banyak dokter.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Dari hasil di atas nampak Ibu terkena infeksi akibat Rubella atau campak jerman disertai infeksi dari Cytomegalovirus (CMV). Dengan positif terinfeksi bukan berarti tidak bisa hamil, namun kehamilannya berisiko tinggi untuk janin. Karena bila hamil dalam kondisi terinfeksi akan membuat keguguran, janin meninggal, atau tidak berkembang. Jadi sebaiknya ibu menunda kehamilan sambil melakukan pengobatan, lalu setelah terapi selesai dan berencana hamil lagi dilakukan pemeriksaan TORCH ulangan. Bila hasil pemeriksaan sudah menunjukkan perbaikan baru ibu bisa berusaha hamil lagi.
Infeksi Rubella atau CMV bisa saja menular ke pasangan atau orang lain di sekitar kita, karena penularannya lewat udara, dan gejalanya seperti flu biasa.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


Haid pada ibu menyusui

Maria Kaha, dr

Susah tidur saat hamil

dr. Agnes Susanto

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Mengapa Imunisasi Harus Sesuai Jadwal?

Ariani Dewi Widodo, dr., SpA.