Haid tidak berhenti selama 1 bulan

dok saya mau tanya haid saya tidak lancar dan lama behenti saya sudah menikah 1 tahun tapi belum di karuniai anak. sudah 1 bulan ini haid saya tidak berhenti saya mencoba minum obat regimen. kemarin sempat berhenti tapi semalam perut saya sakit dan kembali haid lagi darahnya merah banget kenapa ya dok??? apa tidak cocok minum obat???

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Siklus haid wanita biasa berlangsung selama 28 hari, kadang-kadang antara 21 - 30 hari, tentu berbeda pada semua wanita. Haid biasa berlangsung selama 5 hari, kadang 2 - 7 hari. Jumlah darah yang dikeluarkan pun bervariasi antara 10 - 85 cc, berbeda jumlahnya tiap harinya.

Ketidakteraturan haid, dapat disebabkan oleh stress pikiran, aktifitas fisik yang berlebihan, asupan nutrisi yang kurang, sedang dalam pengobatan obat tertentu, pemakaian suntik atau pil KB, serta adanya penyakit lain yang mendasari keluhan ketidakteraturan siklus haid, beberapa penyakit tersebut dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Solusi pertama adalah menghindari faktor penyebab. Apabila ketidakteraturan tersebut berlangsung lebih dari 3 bulan, anda perlu memeriksakan diri anda ke dokter, namun apabila keluhan belum hilang dan menetap dimana terus menerus keluar darah segar juga disertai nyeri pada perut yang seperti anda ceritakan anda sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, ceritakan bahwa perdarahan ini tidak berhenti selama satu bulan dan anda sudah minum obat regimen, karena keluhan seperti ini dapat menandakan keadaan yang lebih serius. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjut apabila diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam

Artikel Terkait


Haid pada ibu menyusui

Maria Kaha, dr

Nyeri haid

dr. Agnes Susanto

Keputihan dan telat haid

Maria Kaha, dr

Apakah penyebab Blighted Ovum

Sherly Oliviantin, dr.