Gendang telinga robek karena radang telinga

Maaf, Dok, saya Iwan 16 tahun,kemarin saya divonis dokter terkena radang telinga. Beliau bilang kalau gendang telinga saya robek sedikit di bagian samping. Saya mau bertanya :
1. apa gendang telinga saya bisa kembali normal ?
2. apa ada cara pengobatan tanpa pembedahan ?
3. apa robeknya bisa semakin membesar ?
Sebelumnya saya sangat berterima kasih, saya mendapat informasi berguna dalam situs ini sehingga saya dapat banyak masukan.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Pertama kita kenali dulu, gendang telinga merupakan jaringan tipis dalam liang telinga yang memisahkan antara telinga tengah dengan lingkungan luar, berfungsi juga untuk menghantarkan getaran dari telinga luar dalam hal pendengaran. Karena gendang telinga cukup tipis, sehingga mudah robek oleh disebabkan oleh trauma (contoh:tusukan)langsung maupun infeksi (radang).

Adapun gejala yang dapat diakibatkan oleh robeknya gendang telinga, yaitu pusing berputar, sulit berjalan, serta berkurangnya pendengaran. Apabila benda asing masuk kedalam telinga tengah maka dapat terjadi peradangan yang dapat berakibat fatal.

Jika gendang telinga anda yang robek cukup kecil maka dapat sembuh sendiri tanpa perlu pembedahan, kira-kira dalam waktu 2 bulan, tentunya apabila setelah radang telinga anda ditangani terlebih dahulu, sehingga diperlukan kontrol ke dokter untuk melihat perkembangan gendang telinga anda. Selama periode penyembuhan anda disarankan untuk menjaga liang telinga dalam keadaan bersih dan kering, khususnya berhati-hati terhadap benda asing maupun air apabila sedang membasuh wajah dan keramas. Sempga cepat sembuh.

Salam

Artikel Terkait