Gatal pada Sela Jari Kaki

Selamat sore dok, saya sorang pria berumur 40 tahun kalau memakai sepatu terlalu lama sering gatal di sela jari kaki tapi tidak sampai berbau di kaos kaki atau sepatu. Obat apa yg bisa saya gunakan untuk penyembuhkannya?
Terima kasih dokter

Jawaban Dokter :

Gatal pada sela jari kaki karena mengenakan sepatu terlalu lama dapat disebabkan oleh jamur. Pemakaian sepatu yang lama dengan ventilasi sepatu yang kurang baik menyebabkan kondisi kulit kaki menjadi lembab dan mudah diserang jamur. Jika kondisi ini berlanjut,jamur akan semakin merusak permukaan kulit pada sela-sela jari kaki sehingga menimbulkan gambaran kulit yang mengelupas, berwarna putih dan terasa pedih.

Saran kami sebaiknya Bapak mengenakan sepatu yang memiliki ventilasi yang baik dan pemakaian sepatu tidak dalam waktu lama, mungkin setiap beberapa jam sepatu dilepas agar kaki bisa mendapatkan ventilasi yang baik sehingga tidak lembab. Gantilah kaos kaki setiap hari dan bersihkan bagian dalam sepatu secara teratur. Jika kondisi gatal di sela jari ini terus berlangsung, juga pada saat tidak mengenakan sepatu dan ditemukan gambaran seperti di atas, Bapak dapat menggunakan obat jamur yang ada di Apotek. Penggunaaan obat jamur biasa digunakan 2x sehari selama 2 minggu dan kondisi kaki yang lembab harus dihindari.

Artikel Terkait


Gatal di anus

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Gatal di malam hari

Leonita Hartanti, dr.

Kekurangan hormon tiroid?

dr. Agnes Susanto

Alergi jamur?

Leonita Hartanti, dr.