Demam berdarah pada anak, cara diagnosa?

Dok, bagaimana kita dapat memastikan demam berdarah pada anak? Panasnya anak saya 38 derajat C dan sudah 2 hari. Sebab hingga kini dokter yang menanganinya pun belum bisa memastikan demam berdarah pada anak saya. Apakah jika positif demam berdarah harus menunggu 3-4 hari untuk menjalani test laboratorium? Mengingat penyakit demam berdarah pada anak ini dikatakan tidak boleh orang tua lengah sedikit pun.
Mohon jawaban untuk cara memastikan demam berdarah pada anak. Terima kasih banyak atas perhatiannya.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
Pada kasus demam berdarah selain gejala klinis yang mendukung, hasil laboratorium darah juga harus mendukung. sesuai dengan siklus penyakitnya, maka demam berdarah mulai membahayakan pada hari ke 3-4-5, dan pada saat itu tubuh sudah mulai mengeluarkan reaksi terhadap virus sehingga mulai terjadi kelainan pada hasil lab darah saat diperiksa di hari tersebut.
Jadi jika dilihat secara klinis hanya pada hari pertama dan kedua maka gejala demam berdarah ini bisa sama dengan gejala infeksi virus lainnya sedangkan bila dilakukan pemeriksaan darah rutin (Hemoglobin, Hematokrit, Trombosit dan Leukosit), hasilnya tidak akan menggambarkan keadaan apapun karena memang belum ada perubahan yang berarti. Makanya dokter akan memberikan obat untuk 3 hari pertama, lalu akan melakukan pemeriksaan darah di hari ketiga untuk langkah diagnostik berikutnya.
Namun, dengan perkembangan ilmu diagnostik, sekarang untuk memastikan terkena demam berdarah atau tidak dapat dilakukan dengan pemeriksaan serologi IgM dan IgG dengue atau dengan pemeriksaan serologi marker NS-1. Kedua tes ini cukup sensitif untuk mendeteksi adanya virus dengue dalam tubuh (dalam darah). Untuk tes IgG dan IgM sudah bisa dilakukan sejak hari ketiga demam dan masih akan tetap terdeteksi hingga hari kesembilan. Untuk pemeriksaan serologi marker NS-1 dengue, cukup sensitif dan akurat untuk dilakukan pada hari pertama demam.
Semoga membantu.

Artikel Terkait