Darah keluar dari vagina saat anak BAB.

Siang dokter,

Anak saya perempuan umur 3 tahun. Awalnya anak saya setiap buang air besar selalu berdiri (tidak mau jongkok) dan pup’nya selalu keras, jadi anak saya selalu ngeden. Semalam saya kaget begitu pup sudah keluar dan bareng dengan air seninya ada darah menetes dari dalam vagina anak saya. Darahnya segar seperti darah haid, kalau di takar sekitar 1 sendok teh. Langsung malam itu saya ke dokter UGD tapi dokter tidak tahu apa penyebabnya. 1 hal lagi,  tidak ada bekas luka di dubur / vaginanya, dan saat di pegang vaginanya pun anak saya tidak merasa sakit. Mohon pencerahaannya , terima kasih banyak.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Mendengar cerita ibu atas riwayat BAB anak ibu, saya cukup yakin bahwa darah tersebut bukan keluar dari vagina, melainkan dari anus. Mengapa? Karena dari awal dia sangat sulit BAB, pup nya keras, dan harus ekstra mengedan setiap kali BAB. Hal-hal di atas bisa menyebabkan perlukaan pada anus anak, hingga berdarah saat BAB, mirip wasir. Saat dia berdiri, darah dari belakang mengalir ke bawah seolah-olah keluarnya dari vagina, namun orang tua tidak sadar. Karena itu juga anak tidak mau jongkok, karena bila jongkok posisi anus lebih teregang dan akan menimbulkan rasa sakit.
Sebaiknya dibawa lagi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan pada dubur, dan diberikan obat-obatan untuk melunakkan BAB, sehingga anak tidak perlu mengedan terlalu keras.

Semoga membantu

Artikel Terkait


Gatal di anus

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Benjolan di anus

Sherly Oliviantin, dr.

Gatal pada anus

Andreas Erick Haurissa, dr.

BAB berlendir

Tommy Supit, dr.