Cara Mengetahui Terkena Toksoplasma Atau Tidak

Saya ingin tau bagaimana cara untuk mengetahui bahwa istri saya terkena toxo atau tidak? pemeriksaan apa aja yang diperlukan?

Jawaban Dokter :

Yth. Bpk,
Untuk mendeteksi apakah seseorang telah terinfeksi toksoplasma, dapat dilakukan pemeriksaan kadar Imunoglobulin G dan Imunoglobulin M (IgG dan IgM) dalam darah. Imunoglobulin adalah antibodi, yaitu zat anti yang dihasilkan tubuh untuk melawan kuman penyakit. Ig ini spesifik untuk melawan toksoplasma.
JIka IgM positif, artinya saat ini sedang terjadi infeksi oleh toksoplasma.
sedangkan, jika IgG saja yang positif, tetapi IgM negatif, maka artinya orang tersebut PERNAH terinfeksi toksoplasma, tetapi saat ini telah sembuh (entah oleh pengobatan yang waktu dahulu pernah diberikan, atau karena daya tahan tubuh sendiri berhasil mengatasi infeksi dan melenyapkan toksoplasma dari dalam tubuh).
Toksoplasma pada orang sehat umumnya tidak menimbulkan penyakit. Kalaupun sakit, biasanya gejala yang dialami sangat ringan. Sebaliknya pada wanita hamil, dimana ketahanan tubuhnya memang menurun, toksoplasma dapat berkembang biak dalam tubuh dengan lebih leluasa. Pada keadaan ini, kuman toksoplasma dapat menyerang juga janin dalam kandungan ibu, dan pada akhirnya mengakibatkan berbagai kelainan pada bayi yang akan dilahirkan tersebut. (kelainan pada bayi, misalnya kerusakan retina mata, pembesaran hati dan limpa, kelainan otak, dan sebagainya).
Untuk menghindari infeksi toksoplasma pada kehamilan, ibu hamil sebaiknya rutin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, atau sebelum menyiapkan makanan, setelah berkebun, menghindari kucing dan kotorannya, mengonsumsi makanan matang, dan menjaga kesehatan secara umum.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait