Cara membersihkan karang gigi sendiri

Dear dokter,

Saya punya masalah dengan gigi saya, karang gigi pernah dibersihkan oleh dokter gigi sampai bersih dan putih, tetapi setelah setahun gigi saya kembali ada karang giginya. Kalau mau membersihkannya selain dengan ke dokter, ada cara lain apa tidak? Trimakasih atas dibacanya surat saya ini.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
karang gigi atau kalkulus adalah kotoran/sisa makanan + air liur + kuman yang menempel pada gigi dan kemudian mengeras dan menimbulkan gangguan pada kesehatan gigi. banyak hal yang bisa anda lakukan agar karang gigi tidak membandel dan terus mengganggu kesehatan gigi anda yaitu :
1. gosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, tapi yang paling ideal adalah setiap sesudah makan dan sebelum tidur
2. gunakanlah pasta gigi yang mengandung anti plak
3. perbanyaklah minum air putih minimal 2 liter/hari karena air liur yang encer dan tidak asam akan mencegah timbulnya plak.
4. sering berkumur-kumur dengan cairan pencegah plak setelah makan dan bersihkan sisa makanan yang menyelip di antara gigi
5. perbanyaklah konsumsi serat seperti buah-buahan dan sayuran karena baik dalam membantu membersihkan plak di gigi
anda tetap harus memeriksakan gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali dan plak yang sudah terbentuk memang hanya bisa dihilangkan dengan scalling oleh dokter gigi.
semoga membantu.

Artikel Terkait