Cara membaca hasil lab TORCH

aslm….
saya  ingin bertanya kepada dokter…kemarin saya disuruh dokter saya periksa ke lab dan saya mengikuti sarannya dan saya udah mendapatkan hasil labnya tapi tidak mengerti apa arti yang tertulis dihasil itu saya ingin menanyakan kepada dokter tentang isi lab nya sebagai berikut :
Anti-CMV IgG Positif , Kons : 735.6
hasil enceran
Anti-Toxoplasma IgM , indeks : 0.06
Anti-Rubella IgM , indeks : 0.18
Anti-HSV2 IgG , rasio : 0.15
Anti-HSV2 IgM, rasio : 0.27
yang saya tanyakan apa maksud keterangan tersebut… terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Sebelumnya kami minta maaf karena pertanyaan anda baru dijawab, dikarenakan gangguan pada server web tanyadokteranda.com.

Hasil laboratorium TORCH dapat dilihat dari kadar antibodi IgM dan IgG nya. Antibodi IgM adalah antibodi yang dibentuk apabila tubuh terinfeksi oleh agen infeksi, antibodi ini dibentuk pada minggu pertama dan kedua. Antibodi ini akan turun perlahan dalam periode yang singkat. Sedangkan, antibodi IgG dibentuk beberapa minggu setelah tubuh terinfeksi, antibodi IgG ini akan bertahan lama pada tubuh untuk menjaga dari infeksi yang sama, bahkan beberapa orang, kadar IgG nya tetap bertahan dalam seumur hidupnya. Jadi dapat dikatakan, antibodi IgM yang tinggi menunjukkan infeksi yang sedang aktif, dan antibodi IgG menunjukkan bahwa seseorang pernah terinfeksi sebelumnya.

Anda perlu mencantumkan hasil negatif atau positifnya, serta IgM anti-CMV, IgG anti-Toxoplasma, IgG anti-Rubella untuk diinterpretasikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait


Apa itu Lupus?

Clara Meliana Oshinta Pangaribuan, dr.

Terapi Baru Atasi Demam Berdarah

Andreas Erick Haurissa, dr.

Roadmap Antibodi Untuk Vaksin AIDS Ditemukan

Andreas Erick Haurissa, dr.

Anak Menderita Rubella dan CMV pada TORCH

Sherly Oliviantin, dr.