Bolehkah bayi naik pesawat ?

Saya ibu satu putri berumur 4 bulan, saya berencana akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Yang ingin saya tanyakan: apakah kesehatan bayi saya tidak akan terganggu jika naik pesawat karena kata sebagian orang jika bayi naik pesawat akan merusak pendengarannya? Lalu, setelah berapa lama bayi boleh naik pesawat lagi setelah naik pesawat yang pertama kalinya?

Terima kasih

Jawaban Dokter :

Bu Zulidarni, sebelum melakukan perjalanan, bayi ibu harus dibawa kontrol ke dokter. Jika dokter mengatakan bayi ibu dalam kondisi sehat maka dia boleh melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Jangan lupa surat dari dokter dan dokumen perjalanan bayi ibu harus dipersiapkan sebelumnya.

Tidak semua bayi akan mengalami gangguan akibat perubahan tekanan udara di telinga mereka. Yang dapat ibu lakukan untuk membantu bayi ibu mengatasi hal ini adalah dengan :


  • Ketika take-off dan landing (ketika pesawat akan terbang dan mendarat), ibu dapat menyusui atau memberikan susu formula/air kepada bayi ibu.

  • Dapat juga diberikan "kompeng"



Kedua tindakan tersebut intinya merangsang bayi ibu untuk melakukan gerakan menelan sehingga membantu mengurangi pengaruh perubahan tekanan udara di telinga bayi ibu.

Diaper juga harus disiapkan, jangan sampai bayi ibu rewel karena diaper yang basah.

Yang paling penting, ibu juga harus relax, jangan tegang, karena bayi akan merasa nyaman dalam dekapan ibunya yang relax selama penerbangan.

Tidak ada aturan khusus untuk kapan waktu minimal bagi si bayi untuk melakukan penerbangan selanjutnya ibu. Selama kondisi bayi ibu sehat, dia dapat melakukan penerbangan selanjutnya.

Semoga berguna

Artikel Terkait