Bisakah hamil setelah kista dalam kandungan diangkat?

Saya mau tanya dok.

Saya menikah pada bulan maret 2010. Saya pernah periksa ke dokter kandungan tentang keputihan, setelah itu saya dikasih obat untuk menghilangkan keputihan. Setelah minum obat dr dokter, keputihan saya pun hilang kemudian saya konsultasi lg untuk supaya cepat bisa mempunyai keturunan, kemudian dokter memberi saya obat kesuburan.

Setelah obat tersebut habis keputihan saya datang lagi, kemudian saya berobat lg tp dg dokter kandungan yg lain. Diagnosis dokter saya ada kista dan panjangnya 4,6 cm terus saya dikasih antibiotik. Dokter menyarankan lebih bagus kista tersebut diangkat/operasi.

Pertanyaan saya apakah setelah kista tersebut diangkat/operasi saya masih bisa mempunyai keturunan? Atas perhatian dokter saya ucapkan terima kasih.

Jawaban Dokter :

Memang kista ada bermacam macam, ada kista fungsional, kista terinfeksi, kista endometriosis, kista serosa dan mukus. Keberadaan kista memang salah satu penyebab gangguan terhadap transport sel telur ke saluran telur. Biasanya jika masih usia reproduktif, dokter hanya mengangkat kistanya saja dan indung telur tetap dipertahankan. Jadi tidak usah kuatir ya pasti masih bisa mempunyai keturunan lagi. Tapi yang pasti segera periksakan dan konsultasikan kepada dokter kandungan. Salam selalu.

Artikel Terkait


Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.

Apakah Suntik Tentanus Berbahaya Untuk Janin dan Kehamilan

Lucky Aninditha, dr.

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Keputihan dan telat haid

Maria Kaha, dr