bintik merah dikulit anak…exanthema kah ???

DH,
Anak saya menderita panas tinggi, kemudian besoknya ada bintik-bintik merah di punggungnya. Memang biasanya kalau dia gerah (udara panas), timbul bintik-bintik merah. Tapi ini disertai panas dan bintik merahnya ada matanya (seperti jerawat). Sehari sebelumnya dia sembelit. Apakah ada hubungannya antara sembelit itu dengan panas yang dideritanya ? Ataukah panas itu ada hubungannya dengan bintik-bintik merah yang keluar besoknya itu ?
Sampai sekarang dia belum saya mandikan, umurnya 1,5 th. Saya takut kalau dimandikan malah menyebar bintik merahnya. Setelah di-cek darah, kata dokter itu bukan cacar. Kemungkinan itu virus Exanthema. Tapi anak saya
pernah terkena virus tsb dan bintik merahnya tidak ada matanya. Yang saya ingin tanyakan, apakah penyakit yang diderita anak saya itu? apakah menular ?
Kalau menular melalui apa ? Apa yang harus saya hindari agar virus tersebut tidak menyerang anak saya lagi ? Bolehkan saya memandikan anak saya ?
Terima kasih atas jawabannya.

Jawaban Dokter :

Ibu, INFECTIOUS EXANTHEMS ( exanthema karena infeksi) dapat disebabkan oleh berbagai macam virus, mulai dari virus campak, campak jerman, virus yang juga menyerang saluran pernafasan, dll.

Jenis bintik-bintik merahnya pun dapat bermacam2, dapat disertai adanya mata, dapat pula tidak, ada juga yang berupa bentol2 berisi cairan. Diagnosis penyakit dibuat berdasarkan riwayat penyakit seperti adanya demam, disertai rasa pegel, ngilu tulang2, sendi2,dapat pula disertai gangguan pada saluran pencernaan.

Biasanya exanthema karena virus ini dapat hilang dalam waktu kurang lebih 10 hari. Berikan makanan, cairan dan istirahat yang cukup buat anak ibu. Jika anak ibu masih demam tinggi, tampak lemas maka ibu dapat memandikannya dengan cara membiarkan dia berbaring di ranjang sementara ibu mengusap wajah dan seluruh tubuhnya dengan lap basah, dan kemudian lap kembali dengan lap kering.

Penyakit yang disebabkan oleh virus dapat menular, salah 1 nya melalui saluran pernafasan. Menular atau tidaknya penyakit ini tergantung pada daya tahan tubuh masing-masing orang. Istirahat dan asupan nutrisi yang cukup jumlahnya dan sehat mampu meningkatkan daya tahan
tubuh.Untuk penyakit yang diakibatkan oleh virus seperti campak dan cacar air, ada vaksinasi nya Ibu.

Semoga dapat membantu.

Artikel Terkait


Cacar Air

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Dikerok, Kok Bisa Merah?

Carolina Salim, dr.

Kalau masuk angin ya dikerok aja! Anda pasti sering mendengar kalimat ini. Kenapa sih kalau dikerok jadi merah kulitnya? Kenapa kerok itu manjur? bahaya ga sih?

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Makanan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK