Biaya operasi batu ginjal

Asslmkm. dokter, sy mo tny. bapak sy terkena batu ginjal & sering nyeri diperut sampai ke pinggang.ktny 1 th yg lalu besarnya sprt biji jagung, ada 2 buah batu di kedua ginjalnya. tp hasil pastinya sy kurang tau krn dl dibiayai kantor jd hasil2nya di tahan di kantor & skrg sdh pensiun. skrg sy ingin mengajak check up kembali utk menentukan apa langkah selanjutnya. Mhn bantuannya:

1. kira2 biaya check up brp ya dokter?

2. Jika mslkan bs ditangani tanpa operasi, kr2 biayanya brp? jk hny terapi obat / dgn laser?

3. jk mslkan hrs dgn operasi, biaya dr pra – pasca operasi kr2 brp ya dokter?

trmksh infony. Wass

Jawaban Dokter :

salam sehat,
1. tentu saja harus periksa ulang ke dokter spesialis urologi (sebaiknya membawa hasil yang lalu jadi bisa dibandingkan). kisaran biayanya antara 100.000-200.000 rupiah belum termasuk obat dan pemeriksaan tambahan,
2. bila batunya kecil dapat dicoba dengan obat, biayanya tergantung jenis obatnya. bila dengan ESWL (tembak batu ginjal dengan gelombang) yaitu terapi non-operatif biayanya berkisar 3-7 juta tergantung kelas yang diambil. bila terapi dapat dengan ESWL kenapa harus dengan laser?
3. biaya operasi sangat tergantung kebijakan rumah sakitnya. sebaiknya anda tanya langsung ke administrasi RS-nya. biasanya diatas 7,5 juta.
semoga berguna

Artikel Terkait


Darah dalam Urine

Nelson Sudiyono, dr.

Mendadak Kencing Berdarah

Leonita Hartanti, dr.

Tatalaksana pada batu ginjal

Hygiena Kumala Suci, dr.