Berhubungan intim saat Masa Kehamilan

selamat sore dok,,
ada yang mau saya tanyakan,”Apakah boleh/tidak melakukan hubungan intim saat hamil muda antara 1-3 bulan”?
dan ” Apakah boleh/tidak saat berhubungan intim saat hamil muda antara 1-3 bulan,sperma dikeluarkan didalam”?
itu saja dok pertanyaan dari saya,atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Berhubungan intim dalam kehamilan tentu sering menjadi pertanyaan. Anda tentu tahu tentang perubahan tubuh wanita hamil, dimana perut semakin membesar dan rangsangan mual dan muntah saat trimester pertama kehamilan, saat ini terjadi pula perubahan emosional pada ibu, dimana berhubungan intim menjadi hal yang menakutkan, seperti khawatir dengan kandungan juga perasaan tidak nyaman karena perubahan jasmani tadi. Sedangkan pada trimester kedua, mungkin sang ibu sudah mulai beradaptasi dengan keadaan, dan kembali merasakan ketidaknyamanan pada trimester ketiga.


Beberapa posisi yang dianggap nyaman bagi sang istri saat masa kehamilan yaitu 'woman on top', istri tidur miring, serta melakukan penetrasi dari belakang. Cairan sperma laki-laki mengandung zat yang dapat menyebabkan rahim menjadi kencang-kencang, juga mempercepat proses kelahiran, sehingga mengganggu kandungan sehingga cukup berhati-hati saat usia kandungan masih dibawah 4 bulan.


Sebelumnya perlu dipastikan bahwa kandungan istri anda baik dan sehat, anda tidak disarankan melakukan hubungan intim dimana terdapat riwayat lahir prematur, istri sedang dalam keadaan perdarahan, ketuban pecah, ada atau kemungkinan mengidap penyakit yang dapat ditularkan saat hubungan intim. Dimana saat trimester pertama sangat tidak disarankan untuk melakukan hubungan intim juga orgasme bagi istri anda.Semoga bermanfaat

Salam

Artikel Terkait


Berhubungan intim saat hamil kapan diperbolehkan?

Renie Indriani, dr.

Tes TORCH positif, boleh hamil?

Tommy Supit, dr.

Apakah Suntik Tentanus Berbahaya Untuk Janin dan Kehamilan

Lucky Aninditha, dr.

Tanda Hamil setelah melahirkan bisakah dihilangkan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK