Berat badan anak lambat meningkat, bagaimana solusinya?

Saya mempunyai anak perempuan umur 1 tahun 2 bulan.
Di umur yang sedemikian, berat badan anak saya masih ketinggalan jauh dengan teman sebayanya. Setelah di bawa ke puskesmas bidannya menyarankan anak saya untuk diberi susu formula, tetapi anak saya sangat susah untuk minum susu sehingga hanya diberi asi dengan makanan. Kalau dilihat dari aktifitas kesehariannya anak saya bisa dibilang susah untuk diam maunya pengen gerak (aktif), tidak rewel, kalau malam tidurnya juga nyenyak dan cukup, kalau siang sekitar jam 9 tidur sore sekitar jam 2 juga biasanya tidur, makannya juga biasa (tidak susah). Yang saya tanyakan dengan lambatnya pertambahan berat badan di atas menurut Dokter bagaimanakah kesehatan anak saya? Terima kasih sebelumya.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Pertumbuhan anak dikatakan kurang atau cukup didasarkan proporsinya sesuai usia dan tinggi badannya, jadi bukan berarti anak yang tampak kurus adalah kurus dan sakit. Juga bukan berarti anak yg gemuk adalah sehat. Melainkan ada batasan2nya.
Pada usia 1 tahun, pertumbuhan anak memang tidak bisa dibandingkan ketika ia masih bayi. Jika masih bayi ia bisa saja bertambah 1 kg atau lebih dalam 2 bulan, tetapi pada usia 1 tahun menuju 2 tahun jika ia bisa bertambah 2 kg saja sudah bagus.
Anak2 memang akan mengalami perlambatan pertumbuhan seiring bertambah usianya. Yg penting adalah apakah pertambahan ini dalam batas normal, berlebih atau kurang..
Untuk ini dievaluasi berat badan, jenis kelamin, dan tinggi badan, serta usia si anak, dengan memperhatikan kondisi fisiknya juga.

Semoga membantu

Artikel Terkait


Berat badan anak tidak mau naik, mengapa?

Renie Indriani

Berat badan anak tidak mau naik

Renie Indriani

Kurus banget, cacingan kah?

Leonita Hartanti

Menjadi Tinggi di Usia 21 tahun?

Aisa Tios