Benjolan di Sekitar Anus

Dok, saya berusia 20 tahun. Sebelumnya saya pernah mengalami ambeien namun sudah diobati. Saat ini muncul benjolan di sekitar anus.

Benjolan apakah itu?

Mohon bantuannya dok. Terimakasih

Jawaban Dokter :

Apakah yang Anda maksud seperti bisul yang berada dekat anus?
Jika ya, kemungkinan adalah Anal Fistula.

Anal fistula adalah kondisi adanya saluran penghubung antara anus dan kulit yang menetap hingga 2-3 bulan akibat infeksi lokal.
Penyebab anal fistula adalah sumbatan (bisa akibat kotoran/feses, luka atau benda asing)dan infeksi dari kelenjar di daerah anus yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Jika peradangan sampai kebawah kulit disekitar anus, kulit menjadi merah, sakit dan ada benjolan.Saat ini terjadi mungkin sekali penederita mengalami demam tinggi.

Peradangan ditambah dengan adanya kuman akan mengakibatkan terbentuknya abses atau bisul. Dengan bertambahnya kumpulan nanah maka rasa sakit juga akan bertambah. Pada tahap ini pemberian antibiotika saja tidak akan dapat menyembuhkan/menghilangkan nanah. Oleh karena itu tujuan terapi adalah menghilangkan nanah yang ada melalui proses drainase (dialirkan keluar melalui pembedahan). Akan tetapi, nanah dapat pecah sendiri (spontan). Setelah nanah keluar dan luka mengering, ada dua kemungkinan yaitu sembuh sama sekali atau sembuh dengan meninggalkan lubang kecil yang terus menerus mengeluarkan cairan nanah terkadang bercampur darah. Meskipun tidak sakit tetapi akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Kondisi ini disebut anal fistula.

Untuk memastikannya lagi pastinya membutuhkan pemeriksaan oleh dokter. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter.

Semoga bermanfaat, sobat!
Terimakasih

Artikel Terkait


Ambeien pada anak

Sherly Oliviantin, dr.

Benjolan di anus

Sherly Oliviantin, dr.

Pengobatan wasir derajat dua.

Leonita Hartanti, dr.