Benjolan di kepala

Dok, ayah saya mempunyai benjolan di kepala tetapi tidak merasa sakit jika dipegang atau ditekan. sekarang sudah memasuki tahun kedua. pada tahun pertama benjolan tersebut sudah di operasi namun pada tahun kedua benjolan tersebut tumbuh kembali dan sekarang lagi dalam proses penyembuhan setelah operasi yang k-2 dalam membuang benjolan tersebut. setelah di operasi yg k-2 ini benjolan tersebut di bawa ke PA (patologi anatomi) dan hari ini baru didapat hasil bahwa makros nya berbentuk sepotong jaringan ukuran 5×3, 3×1, 5 cm, dilapisi kulit pada potongan tampak massa putih kekuningan, berbatas tegas ukuran 2,1×1,6 cm, kenyal, putih kecoklatan.
bagaimana pendapat dokter? apakah itu bisa dikatakan kanker? serta jika memang itu kanker, kanker dalam kategori apa?
terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Benjolan (tumor) dapat terjadi di bagian manapun di tubuh. Dalam hal ini ayah anda mengalaminya di kepala. tumor dapat bersifat jinak atau ganas. Pada tumor ganas biasanya pertumbuhannya cenderung cepat dan bentuknya lebih berbonjol-bonjol.

Sayangnya anda tidak memaparkan hasil mikroskopis pemeriksaan PA ayah anda karena justru disanalah biasanya ditentukan berasal dari jaringan apakah tumor yang dialami ayah anda (mis : jaringan lemak, jaringan ikat) serta sifatnya(jinak atau ganas). Namun demikian jika benjolan tersebut tumbuh kembali setelah diambil ada baiknya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


Benjolan hitam di dada

Lucky Aninditha, dr.

Benjolan kecil berisi air?

Lucky Aninditha, dr.

Benjolan di klitoris

Lucky Aninditha, dr.

Bayi alami Benturan Kepala, Berbahayakah dok ?

Leonita Hartanti, dr.