Benjolan berwarna merah, keras, tidak berair pada dinding vagina

Saya mau bertanya dok, belakangan ini di dinding vagina saya terdapat benjolan tp tidak berair. Sebelumnya dulu pernah ada benjolan berair tp sudah lama hilang skrg tiba-tiba mucul kembali! Benjolan tsb sejenis apa? Saat ini saya belum menikah, benjolan tsb wkt 1 minggu pertama berwarna merah & jika dipegang keras & sedikit nyeri bentuknya bulat seperti uang Rp.50,- Apakah benjolan tsb dpt hilang kembali atau saya harus memeriksakannya ke rumah sakit khusus alat kelamin? Bagaimana cara menghilangkan benjolan tsb? Apakah harus dengan cara operasi? Benjolan tsb sejenis herpes, kanker rahim, atau miom? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat
bila ada benjolan di vagina maka kemungkinan ada infeksi pada kelenjar bartolini di vagina dan bila berulang maka sudah terbentuk kista bartolini yang bila tidak diangkat maka akan selalu berulang.
sebaiknya anda konsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan apakah ini kista bartolini atau penyakit lainnya. terapi akan disesuaikan dengan penyakit penyebabnya. tapi bila benar kista bartolini maka pilihan terapi terbaik adalah operasi minor untuk mengangkatnya,
semoga membantu

Artikel Terkait


Benjolan hitam di dada

Lucky Aninditha, dr.

Benjolan kecil berisi air?

Lucky Aninditha, dr.

Benjolan di klitoris

Lucky Aninditha, dr.

Masturbasi yang terlalu sering, bahayakah?

TanyaDok.com