Bagaimana Mengatasi Sakit Pinggang karena HNP?

Saya wiraswastawati bidang pertanian,28 th. mau tanya, Dok..
sejak 5 bulan terakhir saya sering mengalami nyeri
pinggang bawah yang tdk jarang disertai nyeri di daerah panggul,paha,lutut,betis hingga telapak kaki. terutama saat duduk atau berdiri lebih dari 10 menit. meskipun rasa nyeri tidak teramat sangat, tapi kondisi ini cukup mengganggu aktivitas dan konsentrasi kerja. hsl pemeriksaan radiologi gambar lumbosakral AP/Lateral di dapat aligment normal, curve melurus, pedikel intac, trabekulasi baik, corpus normal.
tampak fusi tidak sempurna proc.tranversus L5-S1 cetak sendi tidak menyempit.
line of weight bearing jatuh di depan promuntorium
sudut ferguson > 34 drajat. soft tissue normal. dan kesimpulannya unstable lumbosakral, sakralisasi tidak sempurna dan paralumbal muscle spasm.
apakah kondisi ini berbahaya? mungkinkah terjadi hnp? dan apa yg harus saya lakukan untuk mengatasi  sakit pinggang ini? terima kasih.

Jawaban Dokter :

salam sehat,
Kondisi ini akan menjadi bahaya kalau anda tidak segera mengatasi hal ini. Dalam hal ini besar kemungkinan akan terjadinya penjepitan pada saraf anda yang mungkin dapat mengakibatkan kelumpuhan. Oleh karena itu, saran saya anda harus melakukan fisioterapi, olahraga yang sebaiknya anda lakukan adalah berenang, hindari berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama, saat tidur ada baiknya anda berbaring lurus terlentang, Gunakan korset saat anda bekerja untuk mencegah terjadinya perburukan. Mudah2an dengan melakukan hal tersebut anda akan merasakan perubahan.

Semoga bisa membantu

Artikel Terkait


Nyeri Pinggang

Claudia Anggi, dr

Pinggang Cedera, Keluar Flek?

Jimmy Panji Wirawan, dr., SpOG

Nyeri di perut setelah cystitis.

Leonita Hartanti, dr.

Selamat Ulang Tahun, Röentgen

Aldo Fransiskus Marsetio, dr., BMedSc