Bagaimana Cara Memutihkan Kulit Ketiak?

Dear Dokter,
Saya wanita, umur saya 31 tahun, saya bingung dok, bagaimana cara memutihkan kulit di ketiak saya yang hitam, sudah bermacam-macam deodorant yang saya gunakan tetapi kulit ketiak saya tetap tidak ada perubahan. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Apakah solusi yang tepat cara memutihkan kulit di ketiak saya?
  2. Terkadang, apabila saya berkeringat (berlebihan/stress) mengeluarkan bau? apakah dikarenakan dengan kulit di ketiak hitam tersebut.
  3. Untuk saat sekarang saya cukup membersihkan dengan alkohol saja, apa ada efeknya terhadap kulit saya dok?

Terima kasih sebelumnya, dan saya butuh sekali informasi dari dokter.

Jawaban Dokter :

Daerah lipatan memang cenderung memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan daerah lainnya, karena daerah ini cenderung sangat tertutup, dan hampir setiap kali bergesekan dengan sisi lainnya.

1. Tindakan yang dapat anda lakukan adalah menggunakan krim2 pemutih yang khusus untuk daerah lipatan...jikalau mungkin, anda hindari
penggunaan deodoran, karena diduga merupakan salah satu penyebab hitam
pada ketiak. tapi biasanya sekalipun anda memakai krim pemutih, bila daerah tersebut selalu terkena gesekan ,maka kemungkinan besar warna gelap tersebut akan tetap ada. Sebenarnya kulit yang berwarna gelap di daerah lipatan ini perlahan-lahan dapat memutih bila seluruh tubuh anda juga memutih, yang biasanya bisa anda peroleh dengan menjalani perawatan untuk mencerahkan kulit seluruh tubuh.Selain itu, Anda dapat melakukan tindakan seperti laser ND YAG ,tetapi perlu dilakukan berulang untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. bau yang keluar pada saat berkeringat memang dapat terjadi karena produksi kelenjar keringat yang berlebihan atau karena aroma yang terdapat dari ketiak itu sendiri. bila bau keringat keluar karena produksi kelenjar keringat yang berlebihan, dapat dilakukan berbagi terapi, diantaranya adalah penyuntikan botulinum toxin, yang dapat mengurangi produksi kelenjar keringat. cara ini cukup efektif, tetapi hasil yang ditimbulkannya tidak bersifat permanen, pada umumnya hanya bertahan sekitar 6 bulan. tetapi anda dapat mencobanya bila anda mau,
karena merupakan salah satu terapi yang cukup disukai selain laser.

3. bila anda membersihkan dengan alkohol, sepertinya tidak akan memberikan efek yang cukup berarti. jadi sebaiknya anda tidak usah membersihkan ketiak anda dengan alkohol.
semoga jawaban ini dapat cukup membantu anda.

Artikel Terkait


Cara Menghilangkan Jerawat dengan Makanan

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

5 Produk Perawatan Diri ala Pria

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK

Apakah Maag bisa suntik Vitamin C

Dewata Aprilia Marilyn, dr.

Cacar Air

Andina Bulan Sari, dr., Sp.KK